Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 22 Januari 2024 | 22:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - POCO Indonesia kembali meneruskan lini seri X dengan peningkatan yang signifikan. Seberapa peningkatan yang ditawarkan POCO X6 5G? Simak dalam review POCO X6 5G versi resmi untuk pasar Indonesia.

POCO X6 5G hadir ke Indonesia dengan chipset Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2. Peningkatan signifikan jika dibandingkan seri sebelumnya, POCO X5 5G yang memakai Snapdragon 695.

Tidak hanya soal performa, POCO X6 5G juga menawarkan peningkatan dari sisi kamera. Bukan hanya dalam resolusi, namun juga dukungan ISP dari Snapdragon 7s Gen 2. ISP kelas atas yang menawarkan kualitas foto dan video.

HP baru POCO Indonesia ini juga mendapatkan peningkatan dalam sisi baterai. Dari kapasitas lebih besar, fast charging yang lebih cepat dan chipset yang lebih hemat daya.

Seperti namanya juga, POCO X6 5G juga telah mendukung jaringan 5G. Sehingga tidak perlu khawatir soal kehadiran jaringan 5G yang sudah tersedia di beberapa lokasi.

Apakah POCO X6 5G menjadi HP pilihan yang tepat untuk kamu? Simak hasil pengujian dan review POCO X6 5G yang dilakukan HiTekno.com berikut ini.

Performa dan Gaming

Review POCO X6 5G. [HiTekno.com]

Snapdragon 7s Gen 2 pada POCO X6 5G punya performa yang mumpuni. Terbukti dari hasil pengujian sintetis melalui AnTuTu Benchmark v10 yang cukup tinggi.

Dalam pengujian HiTekno.com, POCO X6 5G RAM 12 GB menghasilkan skor 604085 di AnTuTu Benchmark v10. Nilai yang cukup tinggi dan peningkatan signifikan dibanding seri sebelumnya.

Di pengujian 3DMark, HP baru ini menghasilkan skor 797 dalam pengujian Wild Life Extreme Vulkan. Sedangkan Sling Shot Extreme Open GL ES 3.1 menghasilkan nilai 4607. 

Disusul hasil pengujian Geekbench menghasilkan 1024 untuk Single-Core dan 2882 untuk Multi-Core. Nilai-nilai ini cukup menempatkan POCO X6 5G di jajaran smartphone kelas menengah ke atas.

Review POCO X6 5G - hasil benchmark. [HiTekno.com]

Soal pengalaman gaming, POCO X6 5G cukup aman untuk melibas game-game berat seperti Genshin Impact dan CarX Street. Dua game yang menjadi standar pengujian HiTekno.com.

Dari pengalaman memainkan Genshin Impact, POCO X6 5G bisa menjalankan kualitas grafis menengah meski masih 30 FPS. Menariknya, masih bisa dipaksa untuk main di pengaturan 45 FPS.

Meski tidak bisa dipaksa ke grafis tinggi, performa POCO X6 5G cukup apik mempertahankan framerate. Kami tidak merasakan drop frame yang mengganggu, bahkan terasa stabil dalam jangka waktu panjang.

Kami menguji di POCO X6 5G dengan pengaturan menengah 45 FPS di Genshin Impact untuk map-map berat, seperti Dragonspine saat badai saldu dan Sumeru di area dengan hutan lebat banyak tanaman. 

Sedangkan untuk memainkan CarX Street, POCO X6 5G bisa menjalankan game dengan lancar di kualitas grafis 3, resolusi 3, jarak render 3, kualitas bayangan 3 atau di tingkat menengah. 

Pengalaman memainkan CarX Street juga lancar dan stabil untuk pengaturan grafis tersebut. Hampir tidak terasa adanya drop frame sepanjang permainan.

Tidak hanya game-game berat, POCO X6 5G juga bisa lancar memainkan game Mobile Legends. Yakni game multiplayer kompetitif yang sangat populer.

Untuk memainkan Mobile Legends, POCO X6 5G bisa menjalankan Frame Rate Tinggi dan Grafis Tinggi. Memang belum ke Frame Rate Ultra dan Grafis Super. Namun bisa berjalan dengan stabil tanpa drop frame.

Pengalaman memainkan game di POCO X6 5G juga tidak terasa panas di bagian belakang. Hanya di sisi dekat kamera yang terasa mulai menghangat jika memainkan game berat.

Secara keseluruhan, POCO X6 5G untuk bermain game memang belum mencapai grafis tertinggi untuk game-game berat. Namun bisa berjalan lancar tanpa frame drop berarti di grafis menengah. 

Framerate stabil lebih penting dibandingkan grafis, karena bisa menjaga kenyamanan dalam memainkan game. Tidak ada stuttering dan lag-lag kecil yang mengganggu, terutama di game kompetitif.

Kamera Foto dan Video

POCO X6 5G memakai kamera belakang dengan tiga sensor, antara lain 64 MP f/1.8 OIS + 8 MP f/2.2 ultrawide + 2 MP f/2.4 macro dan kamera selfie 16 MP f/2.5.

Secara angka, resolusi kamera POCO X6 5G menunjukkan peningkatan dibanding generasi sebelumnya. Namun peningkatan bukan sekadar di resolusi yang lebih tinggi.

Chipset Snapdragon 7s Gen 2 ini mengusung ISP Snapdragon Spectra dengan kemampuan Triple 12-bit. Juga mendukung Zero Shutter Lag hingga AI De-Noising (AIDE).

Dampaknya, ISP ini memberikan hasil foto yang lebih konsisten kecuali untuk white balance. Tone warna juga lebih natural untuk alam dan objek, sayangnya ke kulit manusia terasa lebih hangat.

Hasil foto kamera POCO X6 5G juga lebih rendah noise untuk kondisi pencahayaan minim cahaya. Baik di mode malam maupun mode foto normal.

Review POCO X6 5G - sample foto. [HiTekno.com]

Mode potret di fitur bawaannya juga bisa menghasilkan efek blur yang cukup rapi. Hal ini membuktikan kehandalan AI yang dimiliki oleh Snapdragon 7s Gen 2.

Yang paling terasa adalah kecepatan dalam mendapatkan fokus, juga kecepatan dalam capture foto. Sekali klik momen langsung terabadikan dengan baik tanpa delay yang mengganggu.

Sayangnya kamera macro di belakang masih sekadar Gimmick, karena dengan sensor 2 MP hasilnya masih jauh dari memuaskan. Dari ukuran foto kecil hingga noise yang terasa. Hasil kamera utama yang di-crop masih lebih baik dari kamera macro 2 MP.

Tidak hanya di kamera belakang pada sensor utama dan ultrawide, kamera selfie POCO X6 5G juga menghasilkan foto proper yang tajam juga rendah noise.

Review POCO X6 5G - sample foto. [HiTekno.com]

Soal urusan video, ini jadi kelebihan POCO X6 5G. Kamera belakang bisa merekam video sampai resolusi 4K 30 FPS. Namun yang jadi daya tarik adalah resolusi 1080p 60 FPS. Cocok untuk membuat video yang diupload ke Instagram Stories.

Dengan adanya gyro-EIS di kamera belakang, membuat video yang direkam lebih stabil. Juga ada fitur Video Stabil di pengaturan, sayangnya video jadi 30 FPS jika diaktifkan.

Untuk kamera selfie, POCO X6 5G juga bisa merekam video sampai resolusi 1080p 60 FPS. Kualitasnya juga cukup untuk video selfie.

Baterai dan Charger

POCO X6 5G dibekali baterai berkapasitas 5.100 mAh dengan charger 67 watt. Kombinasi yang cukup menarik, karena puna baterai di atas rata-rata perangkat yang 5.000 mAh, begitu juga fast charger yang secara teori cukup cepat.

Hasil pengujian tim HiTekno.com, pengisian baterai dari 2 persen ke 100 persen dengan charger 67 watt bawaannya tidak sampai satu jam. 

Yakni cuma butuh waktu 56 menit untuk mengisi baterai 5.100 mAh dari 2 persen hingga penuh 100 persen di POCO X6 5G. Tergolong sangat cepat. Suhu HP juga tidak terlalu panas saat pengisian daya.

Untuk pemakaian yang dirasakan cukup aman untuk seharian. Chipset Snapdragon 7s Gen 2 dengan fabrikasi 4 nm membuktikan begitu hematnya daya yang digunakan.

Review POCO X6 5G - layar. [HiTekno.com]

Dalam pengujian tim HiTekno.com, untuk pemakaian sehari-hari seperti scroll TikTok, Instagram dan X, main Genshin Impact dan Mobile Legends bisa dipenuhi oleh baterai POCO X6 5G. Bahkan belum sampai masuk mode hemat baterai dalam sehari.

Perangkat ini juga memiliki fitur hemat baterai dan penghemat baterai ultra yang ada di pengaturan. Sehingga bisa memperpanjang pemakaian POCO X6 5G dalam seharian.

Secar kamera foto dan Video, POCO X6 5G menghadirkan peningkatan signifikan dibanding generasi sebelumnya. Tidak hanya di resolusi, namun juga di kualitas dan stabilisasi.

Desain dan Fitur

Review POCO X6 5G. [HiTekno.com]

POCO X6 5G yang dipinjamkan POCO Indonesia berwarna putih, namun bukan putih polos. Ada akses grafis di sisi belakangnya, namun sayang ada akses glitter kelap-kelip yang tidak semua orang suka.

Warna dengan kerlap-kerlip glitter di body smartphone memang jadi tren dipopulerkan sejumlah brand, sayangnya tidak semua orang menggemari corak seperti itu. Beruntung bisa tertutup dengan casing.

Desain belakang HP baru ini juga cukup mencolok dengan modul kamera besar, bentukan yang sudah menjadi ciri khas POCO. Tersedia tiga kamera belakang dengan dua diantaranya memiliki lingkaran yang besar. 

Sedangkan bagian depan ada punch hole di tengah layar AMOLED 6,67 inci. Layar POCO X6 5G ini juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus dan mendukung Dolby Vision.

Di sisi kanan ada volume dan tombol power, di sisi kiri polos tidak ada apa-apa. Di atas ada port audio 3,5 mm, IR Blaster, microphone dan speaker. Di bawah ada slot SIM Card, USB type-C, speaker dan microphone.

POCO X6 5G tidak memakai fingerprint sensor di samping, karena sudah memakai under display fingerprint sensor. HP ini juga mendukung sensor accelerometer, gyro, proximity, compass, dan NFC.

Dalam paket penjualannya, POCO Indonesia memberikan soft case warna hitam untuk POCO X6 5G versi putih. Berbeda dibandingkan brand lain yang memberikan soft case transparant.

Soft case ini memberikan kesan berbeda dan membuat POCO X6 5G terlihat lebih tampan. Namun dengan warna hitam membuat warna putih body belakangnya jadi tidak terlihat.

Review POCO X6 5G - ketebalan. [HiTekno.com]

Soal audio, POCO X6 5G selain memiliki port 3,5 mm juga dibekali speaker stereo. Ada dua speaker yang terletak di atas dan bawah perangkat.

POCO X6 5G yang dihadirkan ke Indonesia ini belum memakai HyperOS, namun masih memakai antarmuka MIUI 14 berbasis sistem operasi Android 13.

Aplikasi tambahan atau bloatware yang sudah disematkan POCO Indonesia di perangkat ini secara bawaan tergolong banyak. Dari aplikasi ecommerce, game, tiketing, dan media sosial tambahan.

Kelebihan POCO X6 5G

  • Performa stabil
  • Jaringan 5G 
  • Video 1080p 60 fps
  • Baterai awet
  • IP54 

Kekurangan POCO X6 5G

  • Kamera macro gimmick
  • White balance kurang akurat

Kesimpulan

Review POCO X6 5G. [HiTekno.com]

Hasil pengujian POCO X6 5G menawarkan performa handal dan stabil untuk main game. Kamera dengan hasil konsisten cukup OK, video 1080p 60fps, fitur lengkap dan memberikan peningkatan signifikan dibanding generasi sebelumnya.

POCO X6 5G cocok untuk kamu yang mencari HP baru dengan performa handal di kelas mid-high, kamera konsisten baik foto dan videonya dan baterai yang irit. Itulah hasil review POCO X6 5G dari HiTekno.com.

Sayangnya sampai artikel review POCO X6 5G ditullis, POCO Indonesia belum mengungkap berapa harga resmi dari POCO X6 5G  di Indonesia.

BACA SELANJUTNYA

Tips Mudik Asyik dengan HP Rp 1 Jutaan ala POCO