Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 30 Januari 2024 | 10:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tidak hanya POCO X6 5G, POCO Indonesia juga akan menghadirkan smartphone baru POCO X6 Pro 5G. HP POCO X6 Pro 5G ini ditenagai dengan chipset MediaTek Dimensity 8300 Ultra yang memberikan performa tinggi.

Selain itu, chipset MediaTek Dimensity 8300 Ultra  ini disebut-sebut punya kecerdasan tingkat tinggi, sekaligus efisien dalam bekerja.

Andi Renreng, Associate Director Marketing POCO Indonesia, mengatakan, "Kinerja Dimensity 8300-Ultra berhasil memaksimalkan performa POCO X6 Pro 5G, yang saat ini sudah dirilis di pasar global. Dengan begitu, POCO Fans bisa menikmati performa ekstrem dari POCO X6 Pro 5G dalam rentang waktu yang lebih panjang setiap hari, ditambah POCO selalu ngasih harga yang juga ekstrem."

Thomas Chen, Product Marketing Manager of Smartphone Business Unit, MediaTek - yang hadir secara daring pada workshop media turut menambahkan, "Dimensity 8300 membuka kemungkinan baru untuk POCO X6 Pro 5G, menawarkan kinerja yang tak tertandingi, hiburan hyper-realistik, dan konektivitas tanpa hambatan tanpa mengorbankan efisiensi." 

Ia pun menambahkan: “Dengan memanfaatkan program Dimensity Open Resource Architecture, POCO telah mengintegrasikan kemampuan perangkat keras yang tangguh, memastikan permainan yang cepat dan stabil untuk pengalaman bermain game yang panjang dan berkecepatan tinggi."

Apa saja keunggulan MediaTek Dimensity 8300 Ultra di balik ekstremnya performa POCO X6 Pro 5G?

1. Performa dengan efisiensi daya

Dibangun di atas proses manufaktur 4nm generasi ke-2 TSMC, MediaTek Dimensity 8300 Ultra memiliki CPU octa-core, terdiri atas empat core Arm Cortex-A715 dan empat core Cortex-A510 yang memanfaatkan arsitektur CPU v9 terbaru Arm.

Konfigurasi ini bikin MediaTek Dimensity 8300 Ultra ngasih kinerja CPU 20% lebih cepat dan lebih hemat daya hingga 30% dibanding generasi sebelumnya.

Ditambah, kinerja GPU Mali-G615 MC6 pada MediaTek Dimensity 8300 Ultra meningkat hingga 60% dan efisiensi daya hingga 55% lebih baik.

Generative AI

MediaTek Dimensity 8300 Ultra adalah chipset Dimensity seri 8000 pertama yang hadir dengan dukungan AI generatif penuh, berkat prosesor AI APU 780 yang terintegrasi di dalamnya. 

Ini memungkinkan MediaTek Dimensity 8300 Ultra mendukung pengembang teknologi buat membangun aplikasi inovatif yang memanfaatkan model bahasa besar (Large Language Models/LLM) hingga 10B, serta difusi yang stabil.

APU 780 punya arsitektur yang sama dengan SoC Dimensity 9300, sehingga sanggup menghasilkan peningkatan dua kali pada komputasi INT dan FP16, serta peningkatan kinerja AI sebesar 3,3 kali ketimbang Dimensity 8200.

Kamera 

Kemampuan AI dipadukan dengan teknologi kamera MediaTek Imagiq 980, yang mengusung HDR-ISP 14-bit, menghadirkan fotografi ponsel premium dan perekaman video ke level tinggi yang baru. 

Pengguna bakal bisa merekam video lebih tajam dan jernih pada 4K60 HDR, serta merekam lebih lama berkat desain MediaTek Dimensity 8300 Ultra yang sangat hemat daya.

Mereduksi konsumsi daya 

Teknologi game adaptif HyperEngine generasi berikutnya menawarkan penghematan daya ke tingkat lebih lanjut. Dengan prediksi performa berbasis AI, MediaTek Dimensity 8300 Ultra secara cerdas mereduksi konsumsi daya rata-rata pada kecepatan maksimum.

Dan dengan memanfaatkan algoritma performa eksklusif yang memonitor suhu perangkat, memungkinkan hape tetap dingin. Hasilnya, kita bisa menikmati FPS secara penuh, lag rendah, rendering yang mulus, dan baterai yang lebih tahan lama.

Display yang paham adegan

Hadir dengan MediaTek MiraVision 880, MediaTek Dimensity 8300 Ultra dibekali MediaTek AI-PQ untuk smartphone, yang bekerja dengan cara menganalisa adegan dalam streaming video secara real-time. Kemudian mengaplikasikan setting sesuai kebutuhan adegan untuk menghasilkan kualitas gambar maksimal.

Dan AI Region PQ yang baru kini dapat membedakan area-area (regions) dalam tiap adegan, guna menyesuaikan contrast, sharpness, dan color tones melalui AI-Segmentation.

Konektivitas ultra-cepat dengan jangkauan lebih jauh

MediaTek Dimensity 8300 Ultra memiliki modem 5G standar 3GPP Release-16 terintegrasi, yang memanfaatkan optimalisasi spesifik guna memberikan konektivitas yang lebih baik, di lingkungan dengan koneksi yang lebih lemah.

Optimalisasi tersebut memperkuat kinerja dan jangkauan sub-6GHz demi pengalaman konektivitas yang lebih andal. Modem ini mendukung agregasi operator 3CC, dengan kecepatan downlink hingga 5,17Gbps.

"Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, rasanya nggak mengherankan kalau POCO X6 Pro 5G jadi salah satu smartphone favorit di kelasnya saat ini," pungkas Andi.

BACA SELANJUTNYA

5 Tips Jitu Belanja POCO C65 Aman dan Nyaman di Toko Online