Jum'at, 31 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 25 Maret 2024 | 15:46 WIB

Hitekno.com - Seiring dengan perkembangan zaman, cara manusia dalam mengenang masalalu telah berubah. Dulu momen berharga bersama keluarga diabadikan dalam album foto dan video yang disimpan dalam kaset atau CD. Seperti saat lebaran atau reuni tiba, semua duduk bersama dan membuka album foto hingga larut dalam nostalgia.

Namun tahukah kamu jika arsip keluarga yang berharga ini terancam perlahan punah termakan waktu. Akankah membuatkan saja momen kenangan tersebut hilang ditelan waktu?

Jika tidak diabadikan oleh generasi penerus, maka foto dan video yang disimpan secara fisik hanya akan menumpuk debu dan kemudian rusak. Kenangan dari generasi-generasi sebelumnya pun ikut memudar.

Untungnya, seiring dengan teknologi yang semakin berkembang dan perangkat penyimpanan yang canggih, ada kesempatan baru untuk mendigitalisasikan memori berharga keluarga supaya mereka selalu aman, dapat diakses, dan bisa dibagikan hingga ke generasi mendatang.

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dokumen penting milik orangtua, kakek-nenek, atau sanak saudara yang lain agar tidak hilang dimakan usia.

Bertepatan dengan Hari Backup Sedunia (World Backup Day) yang dirayakan setiap tanggal 31 Maret, Western Digital membagikan cara mudah mendigitalisasi foto, video, dan arsip penting keluarga dengan prinsip “Pilah, Pilih, Pulih”.

Simak berikut ini tiga tips mendigitalisasi foto dan video momen lebaran dari Western Digital:

1. Pilah foto, video, dan arsip lama

Sebelum masuk ke proses digitalisasi, mulailah dengan mengumpulkan semua koleksi foto, video, dan dokumen lama yang ada di rumah. Kemudian, bagi semua arsip fisik tersebut menjadi beberapa kategori, misalnya dari urutan tahun, tempat, atau acara spesial (ulang tahun, liburan, dan sebagainya).

Bubuhkan label untuk masing-masing kategori, sehingga akan mempermudah pencarian file ketika arsip ini sudah tersimpan secara elektronik.

2. Pilih solusi penyimpanan digital yang terpercaya

Untuk mengabadikan memori berharga yang tidak bisa terulang kembali, pastikan untuk memilih solusi penyimpanan digital yang tepat.

Beberapa kriteria yang perlu dipenuhi adalah: solusi penyimpanan harus berkapasitas besar agar bisa menampung file dalam jumlah banyak; memiliki durabilitas tinggi; dan praktis digunakan.

Salah satu solusi yang dihadirkan Western Digital adalah SanDisk Extreme Portable SSD. SSD portabel ini memiliki kinerja yang tinggi untuk membantu pengguna memindahkan data dalam sekejap.

Selain itu, SSD dilengkapi dengan proteksi jatuh hingga tiga meter serta ketahanan terhadap air dan debu IP65 yang membuatnya kokoh untuk dibawa ke mana-mana Kapasitasnya yang mencapai 4TB akan memudahkan semua pengguna untuk menyimpan semua foto, video, hingga arsip penting antargenerasi.

3. Pulihkan data ketika terjadi hal tidak terduga

Salah satu keunggulan dari proses digitalisasi adalah kita bisa menyimpan semua data berharga lebih dari 1 copy, sehingga ketika hal-hal tidak terduga terjadi, file penting tidak langsung hilang.

Itulah kenapa back-up data menjadi langkah terakhir yang harus dilakukan. Tidak berhenti di digitalisasi arsip keluarga, kita harus menyimpan copy dari arsip tersebut di gawai atau platform lain.

Ada banyak opsi yang tersedia untuk mempermudah back-up data, bahkan untuk smartphone. Selain SanDisk Extreme Portable SSD, opsi lain adalah dengan USB on-the-go.

Baru-baru ini, Western Digital meluncurkan SanDisk Ultra Dual Drive Go Type-C dengan berbagai pilihan warna menarik (Absinthe Green, Lavender, Navagio Bay dan Hitam) serta kinerja yang ditingkatkan hingga 400MB/s untuk kecepatan baca.

Bagi pengguna yang lebih suka tampilan metalik dan sleek, SanDisk Ultra Dual Drive Luxe juga hadir dalam warna Silver dan Gold.

Kelebihan dari USB OTG ini adalah dual connector (flash drive 2-in-1 dengan konektor USB Tipe C dan Tipe A yang bisa dicolok ke laptop, komputer, tablet, hingga smartphone, sehingga tak perlu lagi kabel tambahan untuk saling berbagi file.

USB OTG SanDisk dilengkapi dengan aplikasi SanDisk Memory Zone yang membantu pengguna melakukan pengelolaan dan back-up file dengan mudah, praktis, dan otomatis.

Saat kebersamaan dalam momen Ramadan dan Lebaran menjadi waktu yang paling dinanti untuk mengabadikan memori berharga bersama keluarga dan orang terdekat.

Dengan membantu orang tua, kakek-nenek, atau sanak saudara yang lebih tua untuk mendigitalkan file mereka di World Backup Day ini, kita turut menghormati warisan sejarah yang akan menjadi cerita menarik bagi generasi berikutnya.

Untuk itu, pastikan kenangan tersebut tersimpan dengan aman hingga bertahun-tahun yang akan datang dengan solusi penyimpanan yang aman dan dapat diandalkan.

BACA SELANJUTNYA

Bagaimana Cara Mengedit Video Seperti Profesional dengan CapCut Creative Suite?