Kamis, 18 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 21 Desember 2022 | 08:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tak dapat dipungkiri jika Clash of Clans adalah salah satu game terbesar yang sering diunduh, baik di platform Android maupun iOS.

Dengan menggabungkan multi-pemain dan permainan strategi, Clash of Clans menjadi game menarik meski memerlukan durasi panjang untuk kesuksesannya.

Sebagian besar pemain di level teratas menghabiskan lebih dari dua tahun untuk bisa mencapai posisinya saat ini. Kadang-kadang, proses ini bisa membuat pemain frustasi dan ingin berhenti di tengah jalan.

Bukan hanya soal waktu, beberapa pemain menghabiskan uang dalam jumlah yang tak terhitung jumlahnya untuk permainan tersebut. Biasanya, mereka membeli beberapa hal yang bisa meningkatkan level secara lebih cepat.

Jika kamu belum tahu apa itu Clash of Clans, ini adalah game yang mengharuskan kamu membangun dan kemudian melindungi sebuah desa yang kamu bangun bagaimanapun caranya.

Untuk bisa membangun desa, kamu juga akan dituntut merampok dan menyerang desa lain untuk mencuri cadangan emas dan harga benda mereka.

Ada berbagai jenis pertahanan (dari meriam hingga X-Bow), berbagai jenis pasukan (seperti "pengendara babi" atau Golem), kumpulan "pahlawan" yang berbeda (tidak terkunci di level yang lebih tinggi), dan bermacam-macam hal-hal lain yang akan akan kamu temukan.

Karena begitu kompleksnya game Clash of Clans, pemain baru terkadang membutuhkan tips yang bisa membuat mereka semangat dan mudah memainkan game yang satu ini.

Tenang saja, Hitekno.com sudah merangkum sederet tips bermain Clash of Clans untuk pemula yang wajib diketahui.

1. Fokuslah menciptakan desa yang baik dengan pertahanan kokoh

Memiliki tata letak desa yang baik sangatlah penting, terutama jika kamu bermain untuk memenangkan "piala" yang berasal dari menyerang desa atau mempertahankan desamu.

Susunan desa yang baik harus dibuat di level permainan yang lebih rendah karena hanya ada sedikit tembok untuk mempertahankan bangunan, tetapi seiring berjalannya permainan, maka pilihan kamu juga akan semakin banyak.

Beberapa pemain memilih untuk menempatkan penyimpanan yang berisi emas, ramuan, dan ramuan gelap di tengah pangkalan kemudian melindunginya dengan Balai Kota di luar.

Harapannya adalah penyerang hanya akan menghancurkan Balai Kota dan pergi tanpa menjarah sumber daya yang dimiliki oleh desamu itu.

Meski demikian,  beberapa pemain memilih untuk melindungi Balai Kota untuk menyelamatkan trofi, dan merupakan taktik yang digunakan saat tidak ada lagi peningkatan untuk disimpan.  

2. Jadilah kolektor tambang

Selain merampok desa lain, salah satu cara terbaik untuk mengumpulkan sumber daya adalah dengan menggali tambang dan mengumpulkan sumber daya sebanyak-banyaknya dari sana.

Tambang emas, pompa obat mujarab, dan bor obat mujarab hitam semuanya tersedia, tergantung pada levelnya. Nantinya, alat-alat ini bisa menghasilkan sumber daya yang cukup banyak.

Pada tingkat yang lebih rendah, pompa hanya menghasilkan sejumlah kecil sumber daya per jam yakni sekitar 250. Sedangkan pompa yang ditingkatkan sepenuhnya dapat menghasilkan hingga 3.500 dari setiap sumber daya. 

Meningkatkan penyimpanan juga penting, karena dapat menampung lebih banyak sumber daya yang kemudian dapat digunakan untuk meningkatkan pasukan dan pertahanan. 

3. Bergabung dengan klan

"Klan" adalah grup yang terdiri dari hingga 50 pemain yang dapat berbagi pasukan, berperang, dan mengobrol di dalam game. Kamu juga dapat membuat klan sendiri, menyesuaikan pengaturan (dengan siapa kamu ingin bergabung, seberapa sering kamu berperang, dan seterusnya).

Tapi jika kamu masih tahap pemula, ada baiknya kamu ikut saja klan yang sudah jadi sambil pelan-pelan belajar.

Berada dalam klan memiliki banyak keuntungan, misalnya saja kamu dapat pergi berperang bersama klanmu. Jika kamu menang, kamu akan mendapat banyak jarahan.

Hadiah untuk bersedia melakukan Perang Klan, pada level tertinggi, sangat besar dan semakin sering kamu ikut berperang maka semakin besar juga imbalan yang akan kamu dapat.

4. Fokus ke pertahanan

Tanpa pertahanan yang baik, mustahil memenangkan "Clash of Clans". Sejak awal, pemain didorong untuk meningkatkan pertahanan ke level maksimum sebelum melanjutkan permainan ke level yang lebih tinggi lago,

5. Fokus Perbaiki Pasukan

Menyerang pemain lain, baik dalam perang atau untuk menjarah, adalah komponen penting lain dari game ini. Itu artinya, meningkatkan pasukan ke level maksimum penting karena itu berarti mereka dapat melakukan, dan bertahan, lebih banyak kerusakan. 

Pemanah dan barbar adalah yang paling mudah untuk ditingkatkan dan digambarkan sebagai pasukan "Tingkat 1". Raksasa dan pemecah tembok adalah "Tier 2" dan seterusnya.

Saat kamu maju ke tingkat Balai Kota yang lebih tinggi, meningkatkan pasukan menjadi sangat mahal. Misalnya, PEKKA level tiga, unit lapis baja raksasa, adalah delapan juta eliksir dan itu hanya di Balai Kota 8.

6. Sabar

Salah satu kunci sukses "Clash of Clans" adalah kesabaran. Sudah Hitekno.com jelaskan di atas jika game ini membutuhkan waktu lebih dari dua tahun untuk diselesaikan dari awal (tanpa permata) dan kemunduran akan terjadi di sepanjang jalan.

Tetap tenang akan membuatnya jauh lebih baik. Jadi, semangat ya!

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Exoborne Resmi Diumumkan, Game Tactical Open World Extraction Shooter dari Sharkmob