Jum'at, 03 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 20 Juli 2018 | 07:00 WIB

Hitekno.com - Revolusi Industri 4.0 dianggap bisa mengancam ketersediaan pekerjaan bagi umat manusia. Karena, berkat kemajuan teknologi ada beberapa pekerjaan yang nantinya dikerjakan oleh mesin atau robot.

Menanggapi hal tersebut, Business Development Manager PT Fujitsu Indonesia Mohammad Yusuf mengatakan anggapan tersebut tidaklah benar.

"Teknologi akan lebih banyak membantu apa yang menjadi kekurangan manusia. Jadi bukan menggantikan peran manusia," kata Yusuf, di Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Yusuf mengambil contoh, salah satu kemajuan teknologi yang dapat terlihat adalah pada pagelaran World Cup 2018. Disitu wasit sudah dibantu teknologi untuk memudahkan pekerjaan wasit.

"Jadi disitulah peran mesin, jadi sebenarnya mesin berfungsi untuk membantu peran manusia agar lebih maksimal," kata Yusuf.

Sebagai informasi, Industri 4.0 merupakan tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Revolusi Industri 4.0 Gantikan Peran Manusia ?

BACA SELANJUTNYA

Yeedi Menghadirkan Robot Vacuum dengan Teknologi AI yang Lebih Efisien