Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Rabu, 24 Oktober 2018 | 19:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Belum lama ini, Facebook memamerkan sebuah pusat kendali atau yang disebut war room. Pusat kendali ini berfungsi untuk melawan berita hoax dan konten negatif.

Dilansir dari The Verge, secara spesifik, War Room milik Facebook ini dibuat dengan tujuan untuk memerangi konten negatif jelang Pilpres Amerika Serikat dan Brasil yang sebentar lagi akan berlangsung.

War Room ini berada di kantor pusat Facebook yang berada di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Siap-siap dikejutkan dengan kecanggihan ruangan ini.

Pusat kendali super canggih ini akan berisi para pakar di bidang intelijen, ilmu data, hingga rekayasa perangkat lunak.

War Room Facebook. (youtube/techcrunch)

Samidh Chakrabarti, selaku Director of Product Management, Civic Management sekaligus pengawas War Room, menyatakan bahwa Facebook siap mendeteksi dan menangani langsung berita hoax yang muncul di platform tersebut.

War Room ini memiliki ukuran yang lebih besar dengan berbagai peralatan elektronik super canggih dan meja untuk 24 orang. Dalam ruangan ini juga sudah dilengkapi dengan 17 layar yang masing-masingnya memantau aliran informasi yang sedang dipantau oleh Facebook.

Setiap karyawan di ruangan ini akan memantau berbagai spam dan komentar berbau kebencian yang bisa disalah gunakan untuk langsung ditangani secara tegas dan cepat. Karyawan lainnya akan menggunakan CrowdTangle untuk memantau penyebaran artikel viral di beberapa platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, hingga Reddit.

War Room Facebook. (youtube/techcrunch)

Dari 20.000 karyawan global yang bekerja di perusahaan ini, setidaknya beberapa perwakilan tim akan berada di War Room ini.

Tim ini termasuk intelijen ancaman, ilmu data, teknik, penelitian, operasi, hukum, kebijakan, komunikasi, hingga perwakilan dari WhatsApp dan Instagram selaku perusahaan di bawah Facebook.

Walaupun War Room dianggap sangat baru, pihak Facebook meyakinkan jika tim ini sama sekali bukan pemula. Tim ini bahkan sudah bekerja melawan informasi hoax dengan cara terkoordinasi sejak 2016 lalu.

War Room Facebook. (youtube/techcrunch)

Tujuan orang-orang ini disatukan adalah untuk dapat menemukan solusi lebih cepat dari masalah penyebaran informasi yang salah ini. War Room dirancang dalam waktu dua tahun oleh Samidh Chakrabarti.

Namun, hingga saat ini, War Room masih belum diketahui apakah akan digunakan di Indonesia atau tidak. Kita nantikan kabar selanjutnya dari Facebook ya.

BACA SELANJUTNYA

Ini yang Perlu Kamu Tahu tentang Apa Itu Social Media Strategist