Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 06 Desember 2018 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - LinkSure Swarm Constellation System, sebuah perusahaan internet asal Cina berambisi sediakan akses internet gratis untuk setiap pengguna smartphone dan teknologi di mana saja.

Untuk mencapai rencananya ini, LinkSure menyiapkan sejumlah satelit angkasa. Setidaknya melakukan instalasi 272 satelite di angakasa.

Semua satelite ini terletak di orbit yang berbeda untuk memaksimalkan jangkauan internet global dari perusahaan Cina ini. 

LinkSure Satellite No 1. (LinkSure)

Satelit pertama yang akan masuk orbit diresmikan minggu lalu. Peluncurannya sendiri akan dilakukan di kawasan Cina barat laut pada 2019 , dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan dekat Beijing, ibu kota Cina. 

Pada 2020, bakal ada 10 satelit tambahannya di angkasa, kemudian akan bertambah dengan 261 satelit lagi pada 2026. 

LinkSure Network yang melakukan projek ini berasal Shanghai dan perusahaan itu hadir sejak 2013.

Perusahaan Cina ini memasarkan diri sebagai perusahaan internet seluler inovatif global yang mengkhususkan pada bidang akses internet gratis, konten, dan layanan berbasis lokasi di situs web resminya.

Sampai saat ini, terdata bahwa sekitar 3,9 miliar orang belum bisa mengakses internet, demikian menurut laporan dari PBB pada 2017.

Ilustrasi satelit. (NASA)

''Jaringan darat internet yang bergantung pada stasiun, memiliki keterbatasan misalnya, cuaca dan bentuk lahan,'' kata An Yang, ilmuwan kepala proyek satelit LinkSure, kepada Chinadaily.com.cn. 

Dia bertutur, "Masa depan sektor komunikasi harus merupakan kombinasi antara ruang dan tanah."

Program penyediaan internet tanpa bayar ini adalah senilai 3 miliar Yuan, atau sekitar Rp 6 triliun, kata CEO LinkSure, Wang Jingying.

Meski Google, SpaceX dan Facebook sudah memiliki ide serupa, akan tetapi LinkSure adalah yang perdana dalam meresmikan rencana wi-fi gratis.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Hore! LinkSure Siapkan Internet Gratis Seantero Dunia.

BACA SELANJUTNYA

Ketar-ketir dengan Starlink-nya Elon Musk, China akan Luncurkan 13000 Satelit