Senin, 23 September 2019
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 01 Februari 2019 | 09:00 WIB

Hitekno.com - Dikabarkan Apple saat ini telah mematikan kemampuan Google untuk mendistribusikan aplikasi iOS internal, menyusul kabar serupa yang dikeluarkan untuk Facebook.

Dilansir dari laman The Verge, bahwa versi awal Google Maps, Hangouts, Gmail, dan aplikasi beta pra-rilis lainnya telah berhenti berfungsi hari ini.

Dalam pernyataan juru bicara Google ''Kami sedang bekerja dengan Apple untuk memperbaiki gangguan sementara pada beberapa aplikasi iOS perusahaan kami, yang kami harapkan akan segera teratasi.''

Apple nampaknya bekerja lebih dekat dengan Google untuk memperbaiki situasi tersebut.

Apple iPhone XS Max. (Pakutaso)

Langkah Apple untuk memblokir sertifikat pengembang Google datang hanya sehari setelah Google menonaktifkan aplikasi Screenwise Meter.

Aplikasi pribadi Google dirancang untuk memantau bagaimana orang menggunakan iPhone, mirip dengan aplikasi penelitian Facebook.

Dalam pernyataan sebelumnya mengenai penghapusan setifikat Facebook, Apple memang memperingatkan bahwa ''pengembang mana pun yang menggunakan setifikat perusahaan mereka untuk mendistribusikan aplikasi kepada konsumen akan dicabut sertifikatnya.''

Apple dengan jelas berpegang pada aturan yang meneraplan secara merata ke Facebook, Google dan banyak perusahaan lain yang diketahui melanggar aturan Apple di masa depan.

Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Simon)

Saat ini aplikasi iOS internal Facebook telah kembali berfungsi, karena jejaring sosial milik Mark Zuckerberg ini telah memulihkan sertifikat perusahaanya.

Begitu juga dengan pernyataan Apple dan Google yang menjelaskan kedua perusahaan tersebut masih dalam tahap memperbaiki masalah dan bekerja sama.

Sementara itu, ada beberapa bukti yang berkembang bahwa sejumlah perusahaan menggunakan program perusahaan Apple untuk mendistribusikan aplikasi kepada konsumen.

Pengembang iOS Alex Fajkowski menemukan bahwa Amazon, DoorDash, dan Sonos semuanya mendistribusikan versi beta dari aplikasi mereka kepada non-karyawan.

Jika memungkinkan, Apple terpaksa mengambil tindakan terhadap beberapa aplikasi ini atau bahkan mengubah seluruh program perusahaan di masa depan.