Selasa, 01 Desember 2020
Dinar Surya Oktarini : Senin, 03 Juni 2019 | 09:30 WIB

Hitekno.com - YouTube, Snapchat, Gmail, Nest, Discord dan sejumlah layanan web lainnya baru saja mengalami pemadaman besar di Amerika Serikat.

Dilansir dari laman The Verge, penyebab utamanya merupakan adanya masalah dengan layanan Cloud Google yang menampung aplikasi selain layanan web Google sendiri.

Masalah ini muncul sekitar pukul 15:00 waktu Amerika dan perusahaan berusaha menyelesaikan setelah lebih dari empat jam.

Penurunan beberapa website ini memengaruhi sebagian besar orang-orang di Pantai Timur Amerika Serikat.

Namun beberapa pengguna YouTube dan Gmail di seluruh Eropa juga melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengakses layanan ini. 

YouTube FanFest 2018. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

 

Pada tampilan Dasbor Status Google G Suite sendiri menunjukkan masalah dengan hampir setiap layanan web Google pada satu titik.

Adanya penurunan dan tak bisa diakses dibaca oleh Down Detector, melaporkan bahwa adanya pemadaman YouTube di sejumlah negara di seluruh dunia.

Namun nyatanya tak hanya YouTube, namun pengguna Discord, Snapchat dan Vimeo juga terkena dampak dari pemadaman ini.

Pasalnya mereka juga menggunakan layanan Google Cloud di backend. Bahkan Shopify juga mengalami masalah karena pemadaman Google yang mencegah beberapa toko tak bisa melakukan proses kartu kredit selama berjam-jam.

Google menyalahkan ''tingkat kemacetan jaringan tingkat tinggi di Amerika Serikat bagian timur'' atas masalah tersebut.

Pihak Google mengaku bahwa mereka sedang melakukan perbaikan yang sesuai pada sistem untuk mencegah pemadaman YouTube tak terjadi lagi, mereka juga meminta maaf pada mereka yang terkena dampak masalah dari ini.

BACA SELANJUTNYA

Gokil! Elon Musk Berencana Buat Roket Perang Buat Militer AS