Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 10 September 2019 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah aplikasi deepfake China bernama ZAO, berhasil merubah wajah aktor kenamaan Leonardo DiCaprio menjadi wajah seorang seorang artis sekaligus pengembang game.

Allan Xia, pegembang game berusia 30 tahun yang berbasis di Auckland, Selandia Baru melejit setelah ia menggunakan Zao dan memasukan wajahnya menggantikan di film hits Leonardo DiCaprio.

Potongan film berdurasi 30 detik yang viral di Twitter tersebut menunjukkan wajah Xia mengambil alih wajah Leonardo DiCaprio dalam film-film klasik yang pernah dibintangi.

Ia menggantikan Leonardo DiCaprio seperti film Romeo+Juliet, Total Eclipse dan Titanic.

Deepfake aplikasi Zao. (Twitter/@AllanXia)

''Aplikasi terbaik pengganti wajah AI deeffake yang pernah saya lihat'' ungkapnya setelah mengumpulkan lebih dari 2,46 juta tampilan di Twitter.

Dilansir dari laman Nextshark, Allan menggunakan aplikasi China bernama Zao yang dikembangkan oleh Momo Changsha Shenduronghe Network Technology.

Aplikasi ini paling banyak diunduh di iOS App Store China usai dirilis akhir Agustus lalu.

Aplikasi ini mengharuskan pengguna menggunakan nomor telepon China untuk bisa mengakses aplikasi ini.

Namun saat video Leonardo DiCaprio membuat viral di Twitter, pengguna aplikasi Zao di China mengkhawatirkan tentang privasi aplikasi tersebut.

Selain itu, aplikasi tersebut berpotensi digunakan untuk menipu sistem pembayaran.

Tetapi, Alipay platform pembayaran mobile terbesar di dunia meyakinkan bahwa video dengan aplikasi Zao tidak dapat digunakan untuk mengelabui layanannya.

BACA SELANJUTNYA

Ratusan Deepfake Pakai Wajah Emma Watson untuk Iklan Dewasa