Rabu, 08 Mei 2024
Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita : Kamis, 12 Maret 2020 | 15:48 WIB

Hitekno.com - Beredar informasi yang mengklaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  telah memulangkan para imigran China kembali ke negara asalnya.

Informasi ini telah muncul dan beredar di media sosial Facebook. Akun Facebook Hilda Surya Ningrat telah mengunggahnya pada Selasa (10/3/2020).

Dalam video itu tampak tulisan berbunyi: "Imigran Asal China yang Ada di Jakarta Dipulangkan oleh Anies Baswedan ke Negara Asalnya".

Konten serupa, sebelumnya juga dibagikan oleh pemilik akun media sosial Nana Suryana pada Sabtu (7/3).

Benarkah Anies Baswedan memulangkan imigran China ke negaranya?

CEK FAKTA Anies Baswedan disebut pulangkan WNA China ke negaranya. (turnbackhoax.id)

Penjelasan

Hasil cek fakta dan penelusuran turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, informasi yang beredar tidak benar.

Video yang diunggah oleh akun Hilda Surya Ningrat dan Nana Surya sejatinya merupakan dokumentasi lama mengenai razia yang dilakukan oleh petugas Imigrasi Jakarta Barat.

Pihak Imigrasi melakukan razia Warga Negara Asing (WNA) ilegal di Apartemen Mediterania Garden, Tanjung Duren, Jakarta pada pada Jumat (14/11/2015). Saat itu Jakarta dipimpin oleh Gubernur Basuki Thahaja Purnama alias Ahok.

CEK FAKTA Anies Baswedan disebut pulangkan WNA China ke negaranya. (turnbackhoax.id)

Senada, situs Detik.com di tanggal yang sama, memuat artikel mengenai razia WNA China. Artikel tersebut berjudul "Razia WNA di Apartemen Mediterania, 18 Warga China Diamankan".

Sementara, video yang menampilkan sejumlah WNA diamankan juga dibagikan oleh kanal YouTube beritasatu.tv berjudul "Imigrasi Jakbar Tangkap 53 WNA Tiongkok Bermasalah" pada Kamis (17/11/2015).

CEK FAKTA Pihak Imigrasi melakukan razian terhadap WNA China ilegal. (turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Unggahan yang mengkaim Anies Baswedan memulangkan WNA China ke negaranya adalah palsu atau hoaks. Konten tersebut sengaja dibagikan dengan narasi menyesatkan.

Hasil cek fakta video tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  tidak memulangkan imigran China ke negaranya. Melainkan pihak imigrasi yang melakukan razia WNA ilegal di Apartmen Mediterania. (Suara.com).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Amanda Manopo Cium Arya Saloka di Depan Media?