Senin, 06 Mei 2024
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 15 Mei 2020 | 07:45 WIB

3. Kirim email dengan kode verifikasi

Cconfidential mode juga memungkinkan pengguna untuk mengirim email dengan enkripsi verifikasi yang dikirim melalui SMS ke penerima.

Ini akan memberikan lapisan keamanan tambahan untuk email pengguna. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat memastikan bahwa email itu hanya dibaca oleh penerima yang dimaksud.

4. Alternatif keyboard

Jika pengguna menggunakan komputer dekstop atau laptop untuk memeriksa email, pengguna dapat menggunakan pintasan dari keyboard untuk meningkatkan produktivitas.

Ilustrasi Gmail di iPhone (Shutterstock)

Pengguna dapat menggunakan tombol alfabet "N" untuk membaca pesan berikutnya dan "P" untuk membaca pesan sebelumnya. Pengguna juga dapat menahan tombol Ctrl + Enter untuk mengirim pesan. Untuk menggunakan alternatif keyboard, pengguna harus mengaktifkannya dari Pengaturan Gmail > General > pada bagian Keyboard shortcuts pilih opsi Keyboard shortcuts on.

5. Reply All

Terkadang beberapa pengguna lupa untuk memilih opsi "Reply All" atau Balas Semua saat mengirim balasan email ke beberapa penerima. Namun, Gmail memberikan solusi untuk masalah ini.

Pengguna dapat mengklik pada tab Pengaturan dan akses General tab. Gulir ke bawah dan pilih opsi Default Reply Behaviour kemudian pilih opsi Reply All. Setelahnya opsi Reply All atau Balas Semua akan menjadi opsi default yang dipilih saat membalas email ke beberapa penerima.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Server Pentagon Bocor selama Beberapa Pekan, Informasi Sensitif Rentan Tersebar