Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 28 Agustus 2020 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dalam rangka mendukung penyelenggaraan pendidikan jarak jauh (PJJ) atau belajar online, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberikan kuota internet gratis bagi pelajar, guru, mahasiswa dan dosen.

Pemberian kuota internet gratis dari Kemdikbud ini akan diberikan selama September hingga Desember 2020.

"Dari kebijakan Presiden Joko Widodo dalam membantu proses PJJ, rencananya Kemendikbud akan memberikan bantuan kuota bagi guru dan siswa," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbud, Sutanto, dalam webinar Percepatan Penyaluran Dana BOS Reguler Tahap III Tahun 2020 di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Ia menjelaskan pemberian kuota internet gratis tersebut langsung diberikan ke nomor telepon seluler siswa dan guru.

Rencananya Kemendikbud akan memberikan subsidi kuota internet untuk siswa dan guru maupun mahasiswa dan dosen selama empat bulan yakni September hingga Desember 2020.

Ilustrasi koneksi internet. (pixabay/fancycrave1)

Berikut adalah kuota internet gratis untuk guru dan pelajar:

  • Kuota internet gratis 35 GB untuk siswa per bulan
  • Kuota internet gratis 42 GB untuk guru per bulan
  • Kuota internet gratis 50 GB untuk mahasiswa per bulan
  • Kuota internet gratis 50 GB untuk dosen per bulan

"Kami mohon agar sekolah segera mengidentifikasi nomor telepon siswa dan guru, dan segera dimasukkan di data pokok pendidikan (dapodik). Pemerintah membantu memberikan kuota internet, sehingga nantinya yang diberikan tidak dalam bentuk uang," katanya.

Sekolah yang berada di zona kuning dan hijau, yang sudah melakukan pembelajaran tatap muka juga diminta untuk mengisi daftar isian di dapodik sehingga Kemendikbud mengetahui berapa banyak sekolah yang melakukan tatap muka dan berapa banyak yang belum tatap muka.

"Saya kira ini penting. Mohon segera ditindaklanjuti, sudah ada surat Pak Dirjennya," katanya.

Kemendikbud mengalokasikan anggaran sebesar Rp 8,9 triliun yang diperuntukkan untuk subsidi kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen, serta meningkatkan jumlah penerima tunjangan profesi. 

Itulah rencana Kemendikbud yang akan memberikan kuota internet gratis untuk  guru dan siswa dalam mendukung belajar online. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Tutorial Cara Cek Kuota Internet Tri dengan Akurat