Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 18 Juni 2021 | 10:42 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Spotify telah resmi memperkenalkan live audio dengan nama Greenroom, hadir ke platform Android dan iOS. Fitur ini dihadirkan sebagai pesaing aplikasi Clubhouse yang sempat populer.

Greenroom memiliki fitur seperti Clubhouse, memungkinkan pengguna untuk berdiskusi secara langsung melalui audio. Dalam room, mereka bebas untuk membahas berbagai hal.

Mengutip The Verge, Kamis (17/6/2021), aplikasi ini dibuat dari Locker Room yang dimiliki pengembang Betty Labs. Aplikasi ini telah diakuisisi oleh Spotify sejak Maret lalu.

Saat itu, Locker Room hanya berfokus pada konten olahraga. Dengan diakuisisi Spotify, pengguna lama kini akan mendapatkan topik pembicaraan lebih banyak karena tidak sebatas konten olahraga lagi.

Perubahan lainnya yang dihadirkan Spotify adalah tampilan visual. Kini aplikasi tersebut menampilkan latar belakang hijau hitam yang mirip Spotify. Tak lupa juga ada logo dan font baru yang dikenalkan di Greenroom.

Spotify Luncurkan Greenroom. (Spotify)

Untuk segi fungsionalitas, aplikasi juga menampilkan data rekaman yang sudah dibuat kreator dalam room. Hal ini sama dengan fungsi yang ada di podcast Spotify.

Pengguna baru dapat langsung menggunakan Greenroom lewat login langsung dari akun Spotify mereka. Tampilan awal akan mengarahkan untuk memilih minat dari berbagai topik seperti genre musik ataupun tim olahraga.

Selain itu, Spotify juga akan memberikan kompensasi ke kreator konten apabila room miliknya populer dan diminati banyak orang. Namun masih belum jelas berapa banyak bonus yang akan dikeluarkan Spotify.

Dengan ini, Spotify bergabung dengan beberapa aplikasi yang memiliki fitur audio-live seperti Clubhouse, Twitter Spaces, LinkedIn, Reddit, dan Discord yang sebelumnya menghadirkan fitur serupa.

Akankah Greenroom dari Spotify ini bisa menyaingi fitur live audio serupa aplikasi Clubhouse yang sempat populer? (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Aplikasi Kalender Jawa, Memudahkan Penanggalan