Kamis, 02 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 08 Desember 2022 | 11:00 WIB

Hitekno.com - Perusahaan induk Facebook, Meta, memperingatkan bahwa raksasa media sosial itu dapat menghapus berita dari platformnya jika Pemerintah Amerika Serikat menandatangani proposal yang akan memudahkan organisasi berita untuk berunding secara kolektif dengan raksasa teknologi tersebut.

Dilansir dari New York Post, dalam upaya untuk menyelamatkan industri berita lokal yang tertinggal, anggota parlemen sedang mempertimbangkan untuk menambahkan Undang-Undang Persaingan dan Pelestarian Jurnalisme.

Undang-undang tersebut diusulkan ke ruu pertahanan tahunan yang harus disahkan.

Aturan ini diharapkan dapat membantu outlet berita yang lebih kecil memperjuangkan bagian pendapatan yang lebih besar dari perusahaan seperti Google dan Meta untuk konten berita mereka.

Tetapi seorang juru bicara Meta mengancam bahwa langkah legislatif dapat berujung pada larangan berita dibagikan di situs media sosial.

Ilustrasi Facebook. (HiTekno.com)

Juru bicara Andy Stone juga berpendapat dalam sebuah pernyataan yang diposting di Twitter bahwa RUU tersebut gagal memahami fakta kunci dari proposal bahwa "penerbit dan penyiar menempatkan konten mereka di platform kami sendiri karena menguntungkan untuk mereka, bukan sebaliknya."

Dia juga mengatakan RUU yang diusulkan akan menjadi preseden buruk bagi semua bisnis Amerika karena akan menciptakan entitas seperti kartel yang mengharuskan satu perusahaan swasta untuk mensubsidi entitas swasta lainnya.

Sebuah kelompok perdagangan yang mewakili penerbit surat kabar, News Media Alliance, sedang melobi Kongres untuk menambahkan RUU tersebut ke dalam rencana pengeluaran pertahanan.

Kelompok itu bersikeras "surat kabar lokal tidak mampu berkutik beberapa tahun lagi akibat hal ini disebabkan oleh Big Tech, dan waktu untuk mengambil tindakan semakin berkurang".

"Jika Kongres tidak segera bertindak, kami berisiko membiarkan media sosial menjadi surat kabar lokal de facto Amerika," kata kelompok itu.

BACA SELANJUTNYA

Arkadia Digital Media Gelar RUPS Tahunan, Optimistis Raih Kinerja Positif ke Depan Berdasar Capaian di Q1 2023