Minggu, 28 April 2024
Amelia Prisilia : Kamis, 16 Februari 2023 | 15:19 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Terkait kemunculan iklan di laman Google News, Google Indonesia akhirnya angkat bicara dan memberikan bantahannya. Google Indonesia menyanggah tentang cara memanfaatkan berita di laman tersebut.

Google Indonesia mengaku tidak mengambil keuntungan apapun dari iklan yang muncul di Google News. Pihak perusahaan mesin pencarian tersebut juga mengaku tidak menjual konten publikasi berita.

"Supaya jelas, kami tidak menjalankan iklan di Google News atau tab hasil berita di Google Search. Kami tidak menghasilkan uang dari klik pengguna pada artikel berita di hasil penelusuran dan tidak pula menjual konten publikasi berita" jelas perusahaan mesin pencarian tersebut, melalui keterangan resminya, Rabu (15/2/2023).

Diakui perusahaan tersebut, buat seluruh pengguna yang menggunakan Google untuk mencari berbagai hal dan berita, hal tersebut hanyalan sebagian jenis konten yang disajikan.

Diyakini Google Indonesia, pengguna merupakan hal penting sehingga fokus Google adalah memberi pengguna hasil yang paling relevan untuk kueri mereka, termasuk dalam hal berita, sambil terus melindungi privasi pengguna. Menuju hal tersebut, berikut beberapa fokus Google:

  • Data pengguna terlindungi: Regulasi harus melindungi privasi pengguna dan tidak menyerahkan distribusi data pribadi pengguna kepada pihak ketiga sesuai dengan Undang Undang Perlindungan Data Pribadi.
  • Persaingan peringkat tetap adil: Jika diberi lebih banyak informasi tentang cara kerja algoritma kami, perusahaan berita akan memiliki keunggulan yang tidak adil bagi pemilik situs lainnya sehingga dapat mempersulit orang untuk menemukan hasil terbaik untuk kueri mereka.
  • Proses moderasi konten mematuhi regulasi yang ada: Indonesia saat ini telah memiliki regulasi yang kuat, yang digunakan pemerintah untuk memoderasi konten. Regulasi yang lebih mengkang malah akan membebani industri dan platform berita.

Logo Google. [Kai Wenzel/Unsplash]

Untuk itu, Google percaya bahwa solusi terbaik bagi Indonesia bukanlah memilih antara ada atau tidak adanya regulasi, tetapi bagaimana menyusun regulasi yang dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

"Kami berharap untuk turut terlibat dalam upaya tersebut. Regulasi yang terlalu mengekang atau berat sebelah, dapat menghambat kemampuan perusahaan untuk menjalankan layanan secara efektif bagi semua pengguna," tutur Google.

BACA SELANJUTNYA

Ngotot Minta WFH, Karyawan Google Ancam Walkout!