Rabu, 24 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 09 Maret 2023 | 17:28 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kementerian Agama RI (Kemenag) telah menerbitkan jadwal waktu shalat dan Imsak Ramadhan tahun ini. Buat yang penasaran, link jadwal imsakiyah Ramadhan 2023 Kemenag sudah bisa ditengok secara online.

Jadwal ini bisa diakses di situs internet milik Direktorat Bina Masyarakat Islam Kemenag dengan alamat https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah

Cara Cek Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2023 Kemenag

Sebagai contoh, jadwal Imsak Ramadhan 2023 DKI Jakarta sekitar puku 04.27 – 04.32 WIB selama sebulan penuh, sedangkan waktu adzan maghrib sekitar pukul 17.53 – 18.05 WIB.

Untuk imsak di hari terakhir puasa Ramadhan 2023 wilayah DKI Jakarta jatuh pada pukul 04.27 WIB dengan adzan maghrib pukul 17.53 WIB. Menariknya, jadwal imsakiyah ini dapat diunduh dalam format excel.

Untuk diketahui, waktu Imsak ditetapkan sekitar 10-15 menit sebelum adzan subuh meskipun dalam Al Qur’an tidak tertulis secara detail waktunya. Waktu Imsak hanya dijelaskan mulai terbit fajar atau masuknya waktu subuh.

Waktu Imsak sederhanya adalah peringatan agar umat muslim berhati-hati dalamp menjalani puasa. meski begitu, sebenarnya waktu wajib menghentikan makan dan minum adalah ketika adzan subuh berkumandang.

Niat Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan dilakukan setiap hari selama satu bulan, itu artinya niat puasa juga harus dilafalkan setiap malam. Meski begitu, ulama mazhab Maliki menyebut niat puasa cukup dibaca pada hari pertama untuk satu bulan penuh.

Untuk diketahui, mazhab Maliki berpandangan bahwa ibadah puasa Ramadhan adalah satu kesatuan ibadah sehingga membaca satu kali niat saja sudah cukup untuk sebulan penuh. Mari kita simak bacaan niatnya di bawah ini:

"Nawaitu shauma jami'i syahri ramadhani hadzihis sanati taqlidan lil imami Malik fardhan lillahi ta'ala"

Artinya: "Aku niat berpuasa di sepanjang bulan Ramadhan tahun ini dengan mengikuti Imam Malik, fardhu karena Allah."

Seperti yang diketahui, pemerintah belum resmi mengumumkan awal puasa Ramadhan tahun ini karena Kemenag harus menjalani sidang isbat untuk menilai posisi bulan atau hilal.

Sementara PP Muhammadiyah sudah mengumumkan jadwal 1 Ramadhan 1444 H yang jatuh pada tanggal 23 Maret 2023 dan menetapkan Idul Fitri pada Jumat 21 April 2023. Demikian link jadwal imsakiyah Ramadhan 2023 Kemenag.

 

Suara.com/Rima Suliastini

BACA SELANJUTNYA

Sinergi Exabytes Indonesia dan EasyStore Targetkan 5.000 UMKM