Selasa, 30 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 30 Mei 2018 | 15:55 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketika kita melakukan kebiasaan buruk banyak yang mengira itu akan membuat badan kita jatuh sakit.

Tapi jangan salah sangka, ternyata ada juga lho kebiasaan buruk yang membuat badan kita malah bertambah sehat.

Berikut kebiasaan buruk yang ternyata menyehatkan dilansir dari Business Insider (26/05/2018):

1. Tidak Makan Pagi

Sumber Foto: Pixabay

Sarapan sebenarnya tidak wajib terlepas dari apa yang kita dengar selama ini.

Meskipun pernah dipercaya melewatkan makan pertama dalam satu hari itu membuat berat badan naik, beberapa studi baru-baru ini menemukan kebalikannya.

Puasa atau kadang-kadang melewatkan makan sebenarnya dapat membantu beberapa orang menurunkan berat badan.

Sebagian besar penelitian menyebutkan puasa sama baiknya seperti diet tradisional menurunkan berat badan.

Beberapa penelitian pada hewan menghasilkan manfaat lain yaitu mengurangi risiko untuk kanker tertentu bahkan memperpanjang usia.

Tetapi studi tersebut perlu dikaji ulang untuk manusia.

2. Minum Kopi

Sumber Foto: Pixabay

Pada bulan Maret, seorang hakim di California memutuskan bahwa Starbucks dan bisnis kopi lainnya harus memasukkan peringatan kanker pada produk mereka.

Terlepas dari pengumuman yang menakutkan itu, ada banyak penelitian ilmiah tentang kopi yang menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur dengan takaran yang pas dapat menurunkan risiko kanker, melindungi dari diabetes dan meningkatkan kesehatan jantung.

Dikatakan dalam penelitian tersebut seorang dokter menyarankan membatasi asupan kafein menjadi 400 miligram per hari atau 3-4 cangkir ukuran standar.

3. Menggunakan Media Sosial

Sumber Foto: Pixabay

Sering menggunakan media sosial dan radiasi dari lamanya layar hidup telah digambarkan buruk secara universal bagi kesehatan kita.

Tetapi banyak penelitian tentang fenomena ini dicirikan sebagai studi yang buruk dengan kualitas ilmiah yang juga buruk.

Sebagian besar bukti menunjukkan bahwa smartphone tidak berbahaya jika digunakan secara tepat bahkan bisa digunakan untuk kebaikan penggunanya.

Tahun lalu, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Psychological Science yang meneliti efek waktu layar smartphone pada sampel lebih dari 120.000 remaja Inggris, para peneliti menemukan bahwa penggunaan media sosial tidak berbahaya bagi sebagian besar remaja.

Bahkan kadang-kadang bermanfaat untuk hal-hal tertentu seperti merasa terhubung dan mendapat dukungan emosional dari teman sebayanya.

4. Tidur Siang

Sumber Foto: Pixabay

Tidur siang sering diasosiasikan dengan orang pemalas. Padahal orang yang tidur siang belum tentu seorang pemalas.

Beberapa studi menunjukkan bahwa kebiasaan itu sebenarnya dapat dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang signifikan, terutama bagi mereka yang kurang tidur pada malamnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan Robert Stickgold (seorang peneliti dari Harvard), tidur siang dapat membantu beberapa orang memecahkan masalah ketika energi dan fokus mereka berkurang.

Hitekno.com/Rezza Dwi Rachmanta

BACA SELANJUTNYA

Tak Mau Putar Balik Karena Jalan Dicor, Pria Ini Malah Pilih Pikul Motor