Senin, 29 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 08 Juni 2018 | 13:38 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kata phubbers mengacu pada orang-orang yang berjalan sambil terus menatap smartphone dan mengabaikan segala sesuatu di sekitar mereka, seperti layaknya zombie.

Fenomena ini membuat pihak berwenang di Kota Xi'an, Cina, meresmikan jalur trotoar khusus yang dirancang untuk phubbers.

Dicat dengan warna merah, hijau dan biru, jalur ini menampilkan gambar smartphone dan ditempatkan di jalan-jalan sibuk seperti pusat perbelanjaan.

Dengan lebar 80 cm dan panjang 100 m, diharapkan jalur itu dapat menjauhkan orang-orang yang tak bisa lepas dari smartphonenya dari bahaya.

Dilansir dari Oddity Central, masyarakat sekitar memuji gagasan tersebut sebagai cara cerdik untuk menjaga para phubbers dengan aman.

"Semua orang yang berjalan di jalur ini berpikir bahwa ini sangat aman. Di sisi jalan sering kali ada mobil dan kendaraan lainnya yang melintas, tapi dengan adanya jalur ini mereka menghindarimu," komentar seorang warga lokal.

Jalur pengguna smartphone, phubbers. [YouTube/@Carl Cole]

Meskipun masih ada beberapa masyarakat yang beranggapan bahwa jalur baru ini memang dapat menjaga para phubbers tetap aman, namun hal itu tidak menghentikan mereka untuk menabrak orang lain yang lewat, kecuali mereka sesekali memperhatikan apa yang terjadi di sekitar.

Jalur khusus ini pun sebenarnya bukan pertama kalinya diperkenalkan di Cina. Pada 2014 silam, Kota Chongqing meluncurkan gagasan serupa, dengan tujuan mengurangi tingkat kecelakaan, terutama yang melibatkan anak-anak dan orang tua.

Namun, jalur tersebut tidak benar-benar berfungsi sebagaimana mestinya karena para phubbers yang terlalu fokus dengan ponsel mereka sehingga mereka tidak memperhatikan adanya jalur tersebut.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Kota di Cina Perkenalkan Jalur Khusus Zombie

BACA SELANJUTNYA

Trotoar Dipenuhi Mobil Parkir, Nenek Ini Terpaksa Berjalan di Tengah Jalan Raya