Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 18 Juni 2018 | 14:29 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Agama dan Sains kadang tidak akur dalam mengemukakan teorinya masing-masing. Tetapi citra X-Ray yang pernah ditangkap oleh NASA mengungkap sesuatu yang mengejutkan.

Teknologi yang dikembangkan oleh NASA mampu menangkap sebuah objek seslestial yang dijuluki "Hand of God" atau Tangan Tuhan.

Dilansir dari Space.com, foto Tangan Tuhan dihasilkan ketika sebuah bintang meledak dan mengeluarkan material awan yang sangar besar.

Menggunakan teleskop NASA yang dijuluki NASA Nuclear Spectroscopic Telescope Array atau NuSTAR, dengan sinar-X berenergi tinggi sebuah warna biru tampak tertangkap menyerupai sebuah tangan.

Sebelumnya, Observatorium NASA Chandra X-ray berhasil mencitrakan warna hijau dan merah, menggunakan sinar-X energi lebih rendah.

Sumber: APOD (NASA)

"Pandangan Citra Unik NuSTAR, dengan menggunakan sinar-X berenergi tinggi, menunjukkan kepada kita citra dan wilayah suatu objek selestial dengan penampakan cahaya yang baru," kata peneliti utama teleskop NuSTAR Fiona Harrison, dari Institut Teknologi California di Pasadena.

Citra yang terbentuk menggambarkan angin pulsar nebula, yang dihasilkan dari sisa-sisa benda padat dari bintang yang meledak dalam supernova.

Ketika partikel-partikel sisa ledakan berinteraksi dengan medan magnet di dekatnya, mereka menghasilkan citra yang membentuk tangan.

Objek selestial yang menyerupai Tangan Tuhan ini mempunyai jarak sekitar 17.000 tahun cahaya.

"Kami tidak tahu apakah bentuk tangan adalah ilusi optik," kata Hongjun An, dari McGill University di Montreal dalam sebuah pernyataan.

Sumber: APOD (NASA)

Para ilmuwan tidak yakin apakah partikel yang terlontar benar-benar mengasumsikan bentuk tangan, atau apakah interaksinya dengan partikel pulsar hanya membuatnya tampak seperti itu.

Tangan Tuhan adalah contoh pareidolia, fenomena psikologis dalam memahami bentuk yang dikenal dalam gambar acak atau samar-samar. Bentuk umum pareidolia lainnya yaitu melihat hewan atau wajah di awan, atau pria di bulan.

Terlepas dari penampilan supranaturalnya, Tangan Tuhan dihasilkan oleh fenomena astrofisik alami. 

Hitekno.com/Rezza Dwi Rachmanta 

BACA SELANJUTNYA

Kenapa Bintang Digambarkan dengan Lima Sudut, Padahal Aslinya Bulat