Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 09 Juli 2018 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Boeing sedang mempersiapkan proyek yang ambisius saat ini. Perusahaan yang berbasis di Seattle itu berencana membuat pesawat hipersonik komersial pertama di dunia.

Pesawat itu direncanakan akan mampu terbang dengan kecepatan lima kali kecepatan suara atau sekitar 3800 mil per jam.

Dengan kecepatan seperti itu (dalam bahasa penebangan Mach 5), pesawat akan mampu melakukan perjalanan dari New York ke London dalam waktu 2 jam saja.

Itu berarti orang dapat pergi rapat ke luar negeri dan pulang hanya dalam waktu sehari saja.

Dilansir dari NBCNews, kepala ilmuwan hipersonik di Boeing yang bernama Kevin Bowcutt mengatakan bahwa pesawat ini diciptakan untuk memenuhi keinginan manusia yang selalu ingin pergi lebih cepat.

Pesawat yang belum disebutkan namanya itu akan jauh lebih cepat dari pesawat konvensional, bahkan pesawat supersonik Concorde juga kalah cepat.

Sumber: Boeing


Concorde diproduksi oleh Konsorsium Inggris-Perancis yang kecepatannya dapat mencapai Mach 2.04. Dengan kecepatan tersebut perjalanan New York ke London membutuhkan waktu kurang dari empat jam.

Rencana Boeing ini dijelaskan pada sebuah acara konferensi industri di Atlanta pada akhir Juni. Dengan teknologi itu, pesawat hipesonik dapat diaplikasikan di dunia militer maupun penerbangan komersial.

Bowcutt juga menjelaskan pesawat ini akan siap terbang dalam waktu 20-30 tahun ke depan.

Stuart Craig, seorang asisten profesor aerospace di University of Arizona menjelaskan bahwa teknologi hipersonik ini mengalami kemajuan signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

"Kami telah berjuang untuk teknologi hipersonik yang lebih baik dalam kurun waktu 50 tahun, namun beberapa tahun terakhir ini kemajuannya semakin dekat dengan jangkauan kita," kata Craig dalam sebuah pernyataan.

Konsep Pesawat Hipersonik
(Sumber: Youtube.com/ Stealthb2777)

Pesawat hipersonik milik Boeing nantinya akan memiliki desain ramping dan futuristis sehingga mendukung kecepatan yang super tinggi.

Namun yang jadi pertanyaan apakah nanti penumpang pesawat hipersonik akan bersedia membayar tiket dengan harga yang lebih tinggi mengingat teknologi ini sangat mahal harganya.

BACA SELANJUTNYA

Mencekam dan Tragis, Detail Jatuhnya Pesawat Yeti Airlines Diungkap FlightRadar24