Selasa, 07 Mei 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 27 Juli 2018 | 07:15 WIB

Hitekno.com - Gerhana Bulan terlama abad ini akan terjadi sebentar lagi. Jika kamu belum mempunyai teleskop atau tidak menemukan tempat yang tepat untuk mengamatinya, kamu bisa live streaming gerhana bulan 28 juli pada link yang ada di bawah.

Gerhana bulan Juli 2018 mempunyai fakta yang unik. Waktu yang dibutuhkan bulan dalam menyeberangi bayangan umbra Bumi yang gelap mebutuhkan waktu hampir 4 jam (3 jam 55 menit).

Gerhana parsial mendahului dan mengikuti gerhana bulan total terpanjang abad ini.
Gerhana ini akan berlangsung selama 1 jam 43 menit atau hampir 40 menit lebih lama daripada yang terjadi pada 31 Januari lalu.

Sumber: BMKG

Gerhana bulan 27 dan 28 Juli akan terlihat terutama di belahan Bumi Timur seperti Eropa, Afrika, Asia, Australia, dan Selandia Baru.

Sebagian besar Asia termasuk Indonesia dan Australia akan melihat gerhana terbesar di pagi hari (antara tengah malam dan matahari terbit pada 28 Juli).

Dikutip dari BMKG, berikut beberapa fase gerhana yang bisa dilihat dari Indonesia:

Fase Gerhana Mulai (P1): 00.13 WIB
Gerhana Sebagian Mulai (U1): 01.24 WIB
Gerhana Total Mulai (U2): 02.30 WIB
Puncak Gerhana: 03.22 WIB
Gerhana Total Berakhir (U3): 04.13 WIB
Gerhana Sebagian Berakhir (U4): 05.19 WIB
Gerhana Berakhir (P4): 06.30 WIB

 

Sumber: BMKG

Wilayah seperti Banda Aceh, Medan, Padang Panjang dapat mengamati fase awal sampai akhir Gerhana Bulan.

Wilayah Sumatera bagian timur, Pulau Jawa, Bali, dan hampir seluruh Kalimantan dapat mengamati fase awal sampai fase Gerhana Bulan sebagian berakhir.

Pulau Sulawesi, wilayah Ternate, Ambon, Kupang dan beberapa pulau kecil sekitarnya dapat mengamati fase awal sampai Gerhana Bulan total berakhir.

Wilayah timur Papua dapat mengamati fase awal sampai puncak Gerhana Bulan.

Jika kamu tak bisa menemukan tempat yang cocok untuk menonton, kamu bisa live streaming gerhana bulan melalui link yang kami bagikan.

Live streaming Gerhana Bulan 28 Juli di wilayah Indonesia dapat diakses melalui situs BMKG (Live Streaming Gerhana Bulan 28 Juli BMKG). Jika kamu ingin live streaming Gerhana Bulan 28 Juli di wilayah lain seperti Amerika dan Australia, kamu bisa menontonnya melalui situs ini (Live streaming Gerhana Bulan 28 Juli Perth).

BACA SELANJUTNYA

Deretan Fakta Unik Gerhana Bulan 28 Juli