Kamis, 25 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 31 Juli 2018 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Smartphone yang notabene adalah telepon genggam dan selalu dibawa kemana-mana oleh penggunanya, nyatanya berdasarkan penelitian smartphone memiliki ribuan kuman yang bersarang di dalamnya lho.

Hal ini terbukti setelah adanya riset yang diungkap oleh Usatoday yang menunjukkan bahwa smartphone yang biasa kita gunakan saat ini lebih kotor dan mengandung lebih banyak kuman.

Sementara Dailymail melaporkan bahwa terdapat lebih banyak kuman yang ada di smartphone dibandingkan dengan kuman yang ada di toilet.

Diperkirakan terdapat 25.107 kuman yang bersarang di setiap inci persegi permukaan smartphone. Jumlah kuman tersebut bahkan lebih besar ketimbang kuman yang ada di kursi kloset duduk per inci perseginya.

Di toilet saja yang banyak orang mengira adalah tempat terkotor memiliki jumlah kuman hanya 1.201.

Bahkan lantai dapur yang biasanya memiliki banyak bekas makanan, hanya memiliki 1,736 kuman tiap inci.

Sedangkan berdasarkan penelitian, piring makanan hewan memiliki 2.110 kuman yang itu artinya tidak lebih banyak dibanding kuman yang ada di smartphone.

Namun pengguna smartphone tidak hanya waspada pada smartphone saja yang memiliki banyak kuman, tapi aksesori pada smartphone juga.

Smartphone dengan banyak kuman. (Unsplash/freestocks.org)

Aksesori tersebut seperti headset, charger dan aksesori lainnya juga berpotensi memiliki banyak kuman lho.

Untuk mencegah penyakit yang mungkin akan timbul dari benda-benda yang sering kita pegang seperti smartphone yang memiliki ribuan kuman, maka kamu harus sering-sering membersihkan perangkat tersebut nih.

Kamu bisa bersihkan smartphone kamu yang memiliki kuman dengan kain microfiber yang memiliki tekstur lembut, terutama di bagian layar.

Membersihkan layar pun tidak bisa sembarangan ya, kamu bisa membersihkan dengan cara memutar serta memberikan sedikit tekanan pada noda yang ada di smartphone kamu.

Selain pada layar smartphone, kamu juga wajib bersihkan bodi smartphone yang berpotensi memiliki banyak kuman.

Jadi mulai sekarang kamu harus rajin-rajin membersihkan smartphone kamu yang penuh kuman ya.

BACA SELANJUTNYA

Benarkah Pengguna Android Berbondong-bondong Pindah ke iPhone? Begini Kata Riset