Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Kamis, 09 Agustus 2018 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Karena faktor alam, seperti pemanasan global dan naiknya permukaan air laut, kemungkinan beberapa negara ini akan hilang dari peta pada 2115.

Jika kamu berpikir bahwa seluruh negara di dunia memiliki dataran yang kokoh, maka kamu salah. Sebuah negara bisa hilang lho.

Tidak hanya disebabkan oleh faktor alam, ada banyak alasan lainnya mengapa sebuah wilayah bisa hilang dan terhapus dari peta.

Akibat gejolak konflik politik pada 1991, negara Yugoslavia menjadi pecah. Yang tersisa adalah negara-negara pecahannya seperti, Slovenia, Kroasia, Republik Makedonia, Bosnia, dan Herzegovina, Serbia, dan Montenegro.

Dilansir dari Top Tenz, berikut beberapa negara yang diprediksi akan hilang dari peta pada 2115.

1. Belanda

Belanda. (dreamstime)

Belanda menjadi salah satu negara yang diprediksi akan hilang dari peta pada 2115.

Posisi negara yang daratannya lebih rendah dari permukaan laut ini mengandalkan tanggul sebagai pencegahan banjir.

Sistem ini dibuat secara modern dan sukses menjaga kelangsungan hidup masyarakat Belanda.

Pada tahun 1953, sebuah badai menghantam Belanda dan beberapa negara lainnya seperti Belgia. Akibatnya, bagian selatan negara ini terendam banjir sedalam 5,5 meter.

Hal ini yang membuat para peneliti di Eropa memprediksi jika wilayah ini terancam mengalami bencana alam seperti Badai Katrina.

2. Korea Utara

Korea Utara. (Foreign Policy)

Konflik antara Korea Utara dan Korea Selatan diprediksi akan berakhir sebelum tahun 2115.

Kemungkinan besar, kedua negara ini akan bersatu dan menjadi satu wilayah yang sama.

Hal ini bisa saja terjadi, jika melihat hubungan antara Jerman Barat dan Jerman Timur yang kembali bersatu sejak tahun 1990.

3. Palestina

Palestina. (Foreign Policy Journal)

Selain Korea Utara dan Korea Selatan, konflik antara Israel dan Palestina juga membuat negara ini bisa saja menghilang pada 2115.

Wilayah Palestina yang terus berkurang akibat aneksasi yang dilakukan Israel. Selain itu, konflik kedua negara terus berlangsung dan memakan korban.

Jika aneksasi tidak segera dihentikan, banyak yang memprediksi jika wilayah Palestina akan hilang pada 2115.

4. Haiti

Haiti. (resumenlatinoamericano)

Republik Haiti adalah sebuah negara di Karibia yang meliputi bagian barat pulau Hispaniola dan beberapa pulau kecil lainnya di Laut Karibia.

Haiti menjadi salah satu negara termiskin di dunia setelah dilanda gempa hebat pada 2009 yang menyebabkan ekonomi negara tersebut berantakan.

Konflik yang terjadi di negara ini seperti kemiskinan, konflik antar manusia, bencana alam, dan perubahan iklim membuat banyak prediksi jika negara ini akan hilang pada 2115.

Mungkin solusi yang tepat agar negara-negara ini tidak hilang dari peta pada 2115 adalah dengan menjaga lingkungan dan tidak terlibat dalam konflik.

Tenang, Indonesia tidak termasuk dalam deretan negara-negara yang diprediksi akan hilang dari peta pada 2115 kok.

BACA SELANJUTNYA

Mobile Legends Game dari Negara Mana?