Senin, 29 April 2024
Dany Garjito | Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 09 September 2018 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kita sering mendengar teori bahwa evolusi makhluk hidup akan berjalan dalam waktu yang cukup lama. Namun ternyata ada beberapa makhluk yang dapat melakukan evolusi tercepat.

Dalam penelitian populer, evolusi tidak memiliki jadwal yang tepat. Evolusi akan terjadi jika makhluk hidup benar-benar membutuhkan untuk beradaptasi ke dalam lingkungan yang baru.

Perubahan penting mungkin membutuhkan jutaan tahun untuk terjadi di dalam suatu spesies.

Hal yang luar biasa terjadi dan membuat kaget para ilmuwan. Bagaimana tidak, kadal bintik putih hanya membutuhkan waktu beberapa bulan saja untuk melakukan evolusi tercepat.

Kadal yang mempunyai bercak dengan bentuk bintik-bintik berubah warna untuk berbaur dengan pasir di padang pasir Mojave.

Hal ini memicu rasa penasaran dari tim peneliti dari Universitas California, Santa Cruz, Amerika Serikat.

Seekor kadal yang berwarna terang di atas batu berwarna gelap akan sangat mudah ditangkap oleh predator.

Batuan lava hitam di Mojave. (Current Biology)

Ternyata kadal dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru dalam waktu cepat.

Di dalam gambar, terlihat kadal yang berada di atas batuan lava hitam (gambar di sebelah kiri). Gambar sebelahnya adalah kadal yang sama saat berada di atas pasir berwarna cokelat 4 bulan kemudian.

Ilmuwan melakukan penelitian dan menemukan bahwa kadal mungkin terlahir cokelat namun jika dia berpindah di batuan lava hitam, ia bisa beradaptasi di sekitarnya.

Ia bisa menjadi lebih gelap dan perilaku ini diteruskan ke keturunannya sehingga lahir lebih gelap. Hal ini berarti mereka dapat melakukan adaptasi baru yang terjadi karena seleksi alam.

Gambar kiri adalah kadal di batuan lava hitam. Sementara gambar lainnya adalah kadal yang sama di pasir cokelat 4 bulan kemudian. (Current Biology)

Dalam penelitian yang sudah dilaporkan di dalam jurnal Current Biology, kemampuan itu merupakan teori evolusi yang ditemukan 100 tahun yang lalu.

Itu disebut dengan efek Baldwin. Dengan adanya penelitian mengenai kadal berbintik putih ini mereka dapat mendokumentasikan efek Baldwin dalam detail luar biasa di dalam laboratorium.

Untuk mengujinya, para peneliti mengumpulkan kadal yang berada di dalam batuan lava dan kadal di luar batuan. Mereka kemudian menukar lingkungan mereka.

Dalam waktu satu minggu, mereka melihat perubahan pigmentasi yang lambat dan bertahap.

Kadal berubah warna dan melakukan evolusi tercepat hanya dalam waktu 4 bulan merupakan cara bertahan hidup yang dimiliki oleh kadal.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Australia Hasilkan Listrik dari Udara, Ini Resep Rahasianya