Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 19 September 2018 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Para arkeolog kembali menemukan sesuatu yang bernilai tinggi dalam sejarah Mesir Kuno. Sphinx kecil ini diprediksi para peneliti berumur lebih dari 2.000 tahun.

Kementerian Barang Antik Mesir mengatakan di halaman Facebook resminya bahwa patung sphinx kecil itu ditemukan di sisi tenggara kuil Kom Ombo.

Patung itu ditemukan ketika misi arkeologi Mesir sedang bekerja pada proyek pengurangan tingkat air tanah di kuil Kom Ombo.

Sekretaris Umum Kementerian Barang Antik Mesir yang bernama Mostafa Waziri mengatakan bahwa patung kemungkinan besar berasal dari zaman Ptolemaic.

Dua relief batu pasir Raja Ptolemaic V sebelumnya pernah ditemukan di lokasi yang tak jauh dari patung sphinx kecil.

Dikutip dari CNN, Direktur Umum Kemeterian Barang Antik Mesir yang bernama Abdel Moneim Saeed mengatakan mereka akan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai penemuan sphinx kecil tersebut.

Dalam sejarah Mesir kuno, sphinx dikaitkan dengan Fir'aun dan sering ditempatkan sebagai penjaga makam.

Beberapa penguasa Mesir kuno bahkan memiliki ukiran kepala yang mirip dengan sphinx. Hal itu untuk menunjukkan bahwa mereka mempunyai hubungan dekat dengan dewi Matahari berkepala singa yang terkenal, Sekhmet.

Sphinx dapat ditemukan dalam mitologi budaya Mesir kuno, Persia, dan Yunani. Kebanyakan dari mereka sering ditempatkan di dekat makam atau bangunan keagamaan.

Kuil Kom Ombo Mesir. (World Atlas)

Sphinx kecil yang ditemukan di kuil Kom Ombo dilaporkan hanya memiliki tinggi 38 sentimeter.

Ukuran itu memiliki selisih yang sangat besar jika dibandingkan dengan Sphinx Agung yang memiliki panjang 73 meter dan memiliki tinggi 20 meter.

Kuil Kom Ombo dianggap kuil yang tidak biasa dalam sejarah Mesir kuno karena didedikasikan untuk dua dewa terpisah yaitu dewa buaya Sobek dan dewa elang Haroeris.

Sphinx kecil. (Egyptian Ministry of Antiquities)

Tiga ratu buaya yang ditemukan di dekat kuil kini dipamerkan di Museum Buaya di Mesir.

Mengingat bahwa Mesir kuno memiliki banyak misteri yang belum terungkap, penemuan sphinx kecil dapat membantu para peneliti mendalami keterkaitan ukuran sphinx dengan raja yang dimakamkan.

BACA SELANJUTNYA

Pakar Ungkap Keresahannya Terkait AI, Bisa Ancam Umat Manusia?