Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 20 September 2018 | 13:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Peneliti menemukan sebuah tempat pembuatan bir berumur 13.000 tahun. Tempat ini bisa jadi pabrik tertua di dunia yang pernah memproduksi bir.

Disebutkan kalau pabrik tertua di dunia ini berada di gua prasejarah dekat Haifa, Israel. Di tempat itu juga masih ditemukan sisa-sisa bir.

Penemuan ini dilakukan ketika mereka sedang mempelajari situs pemakaman bagi pemburu-pengumpul semi-nomaden. Asal muasal bir diperkirakan berusia 5.000 tahun, tetapi penemuan terbaru mungkin mengubah sejarah bir.

Temuan itu juga menunjukkan, bir tidak selalu merupakan produk sampingan dari pembuatan roti seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Para peneliti mengatakan, mereka tidak dapat mengetahui mana yang lebih dulu, dalam terbitan Oktober dari Jurnal Ilmu Arkeologi: Laporan itu berisi bahwa bir disarankan diseduh untuk pesta-pesta ritual untuk menghormati orang mati.

"Ini menyumbang catatan alkohol buatan manusia tertua di dunia," Li Liu, seorang profesor Universitas Stanford yang memimpin tim peneliti, mengatakan kepada Stanford News.

Profesor Li Liu di depan gua tempat penemuan bir. (stanford/Li Liu)

Liu mengatakan, mereka mencari petunjuk tentang makanan nabati apa yang orang-orang Natufia, yang hidup di antara periode Paleolitik dan Neolitik, sedang makan, dan selama pencarian mereka menemukan jejak-jejak alkohol berbasis gandum dan gandum.

Jejak yang dianalisis ditemukan di batu mortir, hingga 60 cm (24 inci) yang diukir dengan mendalam ke lantai gua, digunakan untuk menyimpan, menumbuk dan memasak berbagai jenis tanaman, termasuk oat, kacang-kacangan dan serat kulit pohon, seperti rami.

Minuman kuno, yang lebih banyak bubur atau seperti bubur, dianggap tidak sama dengan apa yang kita kenal sebagai bir hari ini.

Tim peneliti telah berhasil menciptakan kembali minuman kuno untuk membandingkannya dengan residu yang mereka temukan.

Ini yang pertama kali melibatkan biji-bijian untuk menghasilkan malt, kemudian memanaskan mash dan memfermentasi dengan ragi liar, kata studi tersebut. Minuman keras kuno difermentasi tetapi mungkin lebih lemah dari bir modern.

Tulisan mengenai pabrik tertua di dunia ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Peneliti Menemukan Pabrik Tertua di Dunia.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Temukan Mikroba di Kutub yang Bisa Urai Plastik