Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Senin, 01 Oktober 2018 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Terletak di antara Sicily dan pesisir Afrika Utara, Pulau Malta mungkin tidak begitu populer seperti Maladewa dan Hawaii

Pulau ini merupakan negara yang memiliki sejarah panjang sehubungan dengan para prajurit perang di zaman dulu.

Bangunannya pun merupakan perpaduan antara berbagai macam era, mulai dari bangunan khas Inggris, bangunan bergaya Victoria, benteng-benteng, hingga kombinasi arsitektur masa kini.

Namun, dengan perpaduan yang berbeda-beda tersebut, nyaris semua bangunan di Malta punya satu kesamaan, yaitu terbuat dari batu kapur.

Malta dan Batu Kapur (Pixabay/gln)

Yup, sejauh matamu memandang, kamu akan melihat warna krem kekuningan khas batu kapur memenuhi pulau wisata ini.
Malta dan batu kapur memang memiliki sejarah panjang.

Dengan area seluas 316 km2, Pulau Malta memiliki aneka jenis batu kapur yang sejak dulu sudah dimanfaatkan sebagai bahan baku konstruksi.

Konon, baik masyarakat Malta zaman dulu hingga para prajurit yang pernah menetap di sini telah melakukan berbagai tes sehubungan dengan bahan untuk kontruksi bangunan.

Malta dan Batu Kapur (Pixabay/strecosa)

Pada akhirnya, mereka memutuskan bahwa batu kapur adalah material yang memiliki daya tahan terbaik untuk digunakan sebagai bahan bangunan. Selain itu, batu kapur pun mudah ditemukan di Pulau Malta.

Alasan lainnya, batu kapur adalah material yang mudah dibentuk. Batu ini dapat digunakan sebagai lantai maupun tembok, juga dapat diukir untuk menghasilkan motif-motif yang rumit nan unik.

Maka, tidak heran jika bangunan di Malta pun didominasi oleh batu kapur, baik itu bangunan yang sudah ada beratus-ratus tahun hingga yang baru.

Malta dan Batu Kapur (Pixabay/kirkandmimi)

Ketahanan batu kapur melawan arus waktu dan cuaca ini juga sudah dibuktikan dari keberadaan Piramida Giza serta beberapa kuil suku Maya yang telah berumur 6.000 tahun.

Jadi, selain merupakan destinasi wisata yang indah untuk liburan, Malta dan batu kapurnya juga dapat menjadi pemandangan yang unik nan tak terlupakan bagi teman travelers sekalian.

Penasaran untuk menginjakkan kaki di Malta dan menikmati indahnya bentangan batu kapur yang membentuk pulau ini?

Tulisan mengenai Pulau Malta ini sudah pernah dimuat di Guideku.com dengan judul Malta, Pulau yang Hampir Seluruhnya Terbentuk dari Batu Kapur.

BACA SELANJUTNYA

Sisi Lain Keindahan, Ini Kisah Mengerikan di Hawaii