Selasa, 29 September 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Senin, 08 Oktober 2018 | 20:30 WIB

Hitekno.com - Berbicara mengenai monumen arkeologi, kamu pasti akan langsung menyebutkan Stonehenge dan Moai yang ada di Easter Island. Keduanya menjadi beberapa monumen arkeologi di dunia yang hingga kini masih sangat misterius.

Pertanyaan-pertanyaan seperti darimana asalnya, tujuannya, hingga siapa yang mendirikan monumen tersebut masih menjadi misteri.

Karena masih menjadi misteri, banyak orang yang berpendapat jika beberapa monumen arkeologi ini tidak dibuat oleh manusia melainkan alien.

Namun, melihat dari sebuah hasil penelitian, disebutkan jika manusia sudah berada di bumi sekitar 200.000 tahun yang lalu.

Manusia lalu mengalami evolusi saat membuat suatu objek dan struktur dari era Mesolitik dan Neolitik.

Beberapa monumen arkeologi bahkan memberikan petunjuk tentang penciptaannya. Namun, banyak juga yang asal muasalnya masih menjadi misteri hingga saat ini.

Nah, berikut 5 monumen arkeologi misterius di dunia yang sudah tim HiTekno rangkum untuk kamu.

1. Giant Stone Head - Guatemala

Patung Guatemala. (Listverse)

Pada tahun 1987, Dr, Rafael Padilla Lara menerima sebuah foto monumen aneh yang tidak biasa dan berada di dalam hutan Guatemala.

Dalam foto tersebut terlihat kepala dari batu besar dengan bibir tipis, hidung mancung, dan wajah yang menengadah ke langit. Banyak yang mengira jika tubuh patung ini masih terkubur di dalam tanah.

Wajah patung ini sekilas mirip dengan seorang Caucasian atau orang kulit putih. Namun, saat diperiksa, patung ini tidak konsisten dengan peradaban pre-Hispanic Amerika. Seiring berjalannya waktu, banyak yang percaya jika patung ini adalah buatan alien.

Belum usai penelitiannya, patung ini sudah dihancurkan oleh para pendukung revolusi.

2. Kasta Tomb - Yunani

Di Yunani, para arkeologis melakukan penggalian pada tahun 1964. Mereka lalu menemukan dinding pertahanan yang melingkari bukit tersebut beserta dengan sisa-sisa peradaban dahulu kala.

Di tahun 2012, penemuan dinding ini membawa mereka menemukan sebuah pintu masuk misterius yang dijaga oleh dua sphinx tanpa kepala.

Hingga kini, masih belum diketahui siapa yang dimakamkan di Kasta Tomb tersebut.

Beberapa spekulasi mengatakan bahwa makam tersebut adalah tempat peristirahatan terakhir dari sang tokoh legenda, Alexander the Great.

3. Sayhuite Monolith - Peru

Sayhuite Monolith. (Wikipedia/AgainErick)

Sayhuite adalah salah satu situs arkeologi di Peru yang dibangun sebagai tempat keagamaan untuk bangsa Inca saat menyembah air.

Salah satu monumen terkenal dari tempat ini adalah Sayhuite Monolith yang menampilkan lebih dari 200 sosok misterius dan patahan-patahan hewan seperti reptil, kodok, dan kucing.

Tujuan dari barang peninggalan misterius ini masih diperdebatkan oleh para arkeologis. Selain itu, para ilmuwan juga menemukan batu andesite yang mustahil untuk diukir oleh bangsa Inca.

Hal ini menimbulkan keraguan mengenai asal muasal monumen arkeolog ini.

4. Gobekli Tepe - Turki

Gobekli Tepe. (Wikipedia/Teomancimit)

Di Kota Urfa, Turki Selatan, terdapat tempat penemuan arkeolohi paling mengejutkan sepanjang masa. Di tempat ini ditemukan lembaran batu kapur yang megah dan pilar-pilar berbentuk huruf ''T'' yang tekubur di bawah lahan pertanian dan pemakaman.

Batu-batu megah ini sudah diukir dan memiliki tinggi 7 meter serta mencapai berat 50 ton.

Hasil penelitian mengungkapkan jika semua monumen ini berasal dari 11.000 tahun yang lalu. Atau kira-kira 6.000 tahun lebih tua dari Stonehenge.

Batu-batuan ini dibuat dan diukir pada saat manusia belum mempunyai alat metal apapun. Wajar jika penemuannya membuat tanya bagi banyak orang.

Dari kelima monumen arkeologi paling misterius di dunia ini, mana yang paling membuatmu penasaran dengan jejak sejarahnya?