Sabtu, 27 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Selasa, 16 Oktober 2018 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Penemuan sebuah kompleks makam kaisar pertama Cina, Qin Shihuang di Xi'an, ibukota Provinsi Shaanxi pada 1974 merupakan penemuan arkeologi paling menantang yang pernah ditemukan oleh para arkeolog.

Makam megah berusia 2200 tahun ini dipenuhi dengan harta karun yang tidak ternilai harganya. Kubah makam ini bahkan bertahtakan permata yang tentu akan membuat siapa saja nekat melakukan tindakan pencurian.

Namun, jangan bermimpi bisa melakukan tindakan pencurian di makam ini. Makam kaisar pertama Cina ini dibuat dengan sistem keamanan yang luar biasa menakutkan sekaligus mematikan.

Makam kaisar ini terdiri dari tiga tingkat dengan jebakan dan senjata mematikan serta busur panah hingga kolam berisi merkuri beracun yang dapat membunuhmu dalam waktu singkat.

Makam Kaisar Cina. (Wikipedia/Own work)

Istana dalam kompleks makam ini memiliki panjang 690 meter dan lebar 250 meter. Bangunan utama kompleks ini diyakini menjadi makam kaisar dan para pelayannya. Bagian luarnya terlihat gundukan tanah setinggi 76 meter yang tetap kering karena adanya sistem drainase kuno sekitarnya.

Kompleks makam seluas 56 kilometer persegi ini dijaga patung tentara yang berbaris rapi dengan rupa dan raut wajah yang berbeda. Setidaknya, ada lebih dari 6000 patung ditemukan.

Beberapa arkeolog mengkonfirmasi bahwa perangkap-perangkap mematikan yang ada di kompleks makam ini semuanya masih sangat aktif. Menurut mereka, perangkap ini dibuat untuk melindungi kompleks makam dari kerusakan.

Tidak hanya itu, beberapa anak panah juga terpasang tersembunyi. Anak panah ini bisa langsung berfungsi jika ada perampok makam datang. Jauh sebelum sukses menjarah, para perampok ini akan tewas seketika.

Makam Kaisar Cina. (Wikipedia/Robin Chen)

Sampel tanah yang berada di komplek makam juga mengandung level merkuri yang tinggi, siapapun penyusup yang nekat masuk akan niscaya tewas seketika.

Patung prajurit ini diduga sengaja disiapkan sang kaisar untuk menjaganya di alam baka. Tepat pada tahun 1987, patung prajurit ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Hingga kini, pemerintah Cina masih belum memutuskan untuk melakukan evakuasi makam kaisar ini ataukah tidak. Kita nantikan kabar selanjutnya dari makam yang penuh harta karun dan perangkap mematikan ini.

BACA SELANJUTNYA

Diduga Sebagai Mata-mata Cina, Karyawan Huawei Ditangkap Polisi