Jum'at, 19 April 2024
Tinwarotul Fatonah | Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 20 Oktober 2018 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seorang ilmuwan dan sekelompok mahasiswa asal Cina membuat penemuan yang mengejutkan. Mereka berhasil menciptakan sepeda hantu, sepeda yang bisa bergerak sendiri tanpa ada yang mengendarainya.

Sepeda hantu bisa bergerak sendiri sehingga orang mungkin akan mengira sepeda ini merupakan sepeda dari film Ghostbusters. Sepeda ini bisa dijuluki self-driving bicycle atau sepeda otonom.

Kendaraan canggih dengan tipe yang ''menakutkan'' dibuat agar membantu mencegah pencurian sepeda yang merajalela di Cina.

Ia akan dirancang agar bisa menemui pemiliknya secara otomatis. Sepeda otonom atau sepeda hantu ini sudah diujicobakan di Universitas Tsinghua Beijing, Cina.

Dalam sebuah video yang berhasil direkam oleh pihak universitas, mereka sepertinya berhasil membuat sepeda yang ''berjalan sendiri''.

Sepeda otonom bisa bergerak di lorong. (Tsinghua University)

Dalam prototipe pertamanya, ia dioperasikan secara semi manual oleh orang yang mengontrolnya dari kejauhan.

Namun dengan perkembangan yang lebih lanjut, para peneliti berharap mereka dapat membenamkan GPS sehingga sepeda bisa mengetahui letak posisi sang pemilik sepeda.

''Proyek kami adalah tentang bagaimana sepeda dapat menjaga keseimbangannya seperti manusia. Kami memilih metode yang paling mirip manusia, memanfaatkan gaya sentrifugal yang dihasilkan dengan mengendalikan stang untuk menjaga keseimbangan,'' kata pemimpin tim peneliti, Profesor Mingguo Zhao.

Sepeda otonom atau sepeda hantu. (Tsinghua University via Metro)

Seorang mahasiswa yang tergabung dalam penelitian, Lee Boon Shen, mengakan di masa depan nanti, tim peneliti akan mengembangkan sepeda otonom lebih canggih lagi.

Setelah diterapkan sistem GPS, sepeda otonom atau sepeda hantu ini bisa secara otomatis bergerak sesuai rute yang direncanakan.

Dikutip dari Metro Tech, sistem tersebut akan membuat sepeda 100 persen otonom tanpa pengawasan manusia.

Mesin otomatis tertanam pada sepeda otonom. (Tsinghua University)

Teknologi masa depan sepertinya banyak bermunculan di tahun 2018. Sebelumnya, Roll-Royces dan Intel juga berambisi membuat kapal otonom yang bisa bergerak otomatis tanpa nakhoda.

Dengan adanya sepeda otonom atau sepeda hantu, diharapkan manusia modern di masa depan makin menyukai kendaraan ramah lingkungan.

BACA SELANJUTNYA

Langit Indonesia Akan Dilintasi Komet Langka pada Awal Februari 2023