Sabtu, 20 April 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa | Amelia Prisilia : Sabtu, 27 Oktober 2018 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Siapa yang tidak suka selfie? Sejak ada smartphone, semua orang menjadi sangat menyukai selfie. Fakta mengejutkan, ternyata selfie dari sisi kiri akan menghasilkan foto yang lebih cetar, lho.

Pada dasarnya, wajah manusia memang tidak simetris atau tidak sama kanan-kiri. Sisi kiri wajah ternyata terlihat lebih menarik jika dibandingkan dengan sisi kanan.

Hal ini terbukti dalam sebuah studi psikologi yang meneliti mengenai sisi terbaik wajah manusia. Studi yang dilakukan oleh para ahli di Australia ini menemukan bahwa sisi kiri wajah manusia ternyata berhubungan dengan bagaimana otak memproses emosi.

Fenomena ini disebut sebagai left-side bias atau juga yang disebut sebagai bias sisi kiri.

Ilustrasi selfie. (pexels/mentatdgt)

Penelitian ini dilakukan dengan menelusuri tagar 'selfie' di Instagram untuk melihat sisi wajah mana yang sering ditunjukan orang saat melakukan selfie. Penelitian ini lalu fokus pada 2.000 foto selfie yang diunggah.

Setidaknya, dari pengamatan ini ditemukan bahwa ada 779 foto selfie atau sekitar 41 persen menampilkan sisi kiri wajahnya.

Pengguna selfie yang menampilkan sisi kanan ada 686 foto, sedangkan sisanya yaitu 535 foto mengambil dari bagian depan.

Ilustrasi selfie. (pexels/George Dolgikh)

Jika gerakmu secara otomatis langsung mengambil foto dari sisi kiri, maka tubuhmu sudah memahami dan sadar mana sisi terbaik saat melakukan selfie.

Ketertarikan untuk melakukan selfie dari sisi kiri wajah berkaitan dengan kendali otak bagian kanan yang bertanggung jawab pada emosi seseorang.

Jadi, jika kamu ingin selfie, jangan lupa untuk tampilkan sisi kiri wajahmu ya, untuk hasil selfie yang lebih cetar.

BACA SELANJUTNYA

Smartfren Gelar Kompetisi Fotografi Jurnalistik Menyatukan yang Berbeda