Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 29 Oktober 2018 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pesawat Lion Air JT 610  telah dipastikan jatuh di perairan Tajung Karawang,Jawa Barat. Sampai tulisan ini dibuat belum diketahui penyebab kecelakaan pesawat Lion Air JT 610  ini.

Lion Air JT 610  ini terbang dari Jakarta 6.20 WIB menuju Pangkal Pinang dan sempat hilang kontak pada pukul 6.33 WIB. 

Banyak hal bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan semacam ini. Sampai fakta-fakta diketahui, tidak bijak berspekulasi tentang apa yang sebenarnya telah menyebabkan kecelakaan tertentu.

Ilustrasi Pesawat Terbang. (unsplash/Gary Lopater)

Dikutip dari Suara.com, ada beberapa penyebab yang lebih mungkin terjadi. Dan berikut ini 5 penyebab kecelakaan pesawat yang sering terjadi.

1. Kesalahan pilot

Kondisi pesawat yang laik terbang, membuat proporsi kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan pilot meningkat dan mencapai sekitar 50 persen. Pesawat adalah mesin kompleks yang membutuhkan banyak manajemen.

Pilot secara aktif terlibat dengan pesawat di setiap tahap penerbangan, ada banyak kemungkinan mereka melakukan kesalahan.

Seperti gagal memprogram komputer penerbangan-manajemen vital (FMC) dengan benar, sehingga salah menghitung peningkatan bahan bakar yang dibutuhkan.

Namun, penting untuk diingat bahwa pilot adalah barisan pertahanan terakhir jika ada sesuatu yang salah.

2. Kegagalan mekanis

Kegagalan peralatan masih terhitung sekitar 20 persen dari penyebab kecelakaan pesawat, meskipun perbaikan dalam desain dan kualitas manufaktur.

Meskipun, mesin pesawat sekarang jauh lebih canggih dibandingkan setengah abad lalu, tapi bukan tidak mungkin jika sesekali ada mengalami kendala.

Terkadang, teknologi baru memperkenalkan jenis kegagalan baru. Pada tahun 1950-an, misalnya, pengenalan pesawat jet bertekanan tinggi, memperkenalkan suatu bahaya bahaya-logam yang benar-benar baru yang dibawa oleh siklus tekanan saat terbang.

3. Cuaca

Cuaca buruk menyumbang sekitar 10 persen dari penyebab terjadinya kecelakaan pesawat. Meskipun sejumlah besar alat bantu elektronik seperti kompas giroskopik, navigasi satelit dan uplink data cuaca, pesawat masih menjadi penyebab badai, salju, dan kabut.

Salah satu insiden cuaca buruk yang paling terkenal terjadi pada Februari 1958 ketika pesawat penumpang bermesin kembar Eropa-Eropa jatuh saat berusaha lepas landas dari Bandara Munich-Riem.

Banyak dari 23 yang terbunuh di pesawat bermain untuk Manchester United Football Club.

Penyidik menetapkan bahwa pesawat telah diperlambat sedemikian rupa oleh lumpur (diketahui pilot sebagai ''kontaminasi runway''), yang gagal mencapai kecepatan take-off.

Anehnya, mungkin, petir bukanlah ancaman yang banyak penumpang percaya (atau takut).

4. Sabotase

Sekitar 10 persen dari kerugian pesawat disebabkan oleh sabotase. Seperti halnya sambaran petir, risiko yang ditimbulkan oleh sabotase jauh lebih kecil daripada yang dipercayai banyak orang.

Namun demikian, ada banyak serangan spektakuler dan mengejutkan yang dilakukan pelaku sabotase.

5. Bentuk-bentuk lain dari kesalahan manusia

Penyebab kecelakaan terakhir yang tetap tidak bisa diabaikan adalah jenis kesalahan manusia lainnya, seperti kesalahan yang dibuat oleh pengendali lalu lintas udara, dispatcher, loader, fuellers atau insinyur pemeliharaan.

Kadang-kadang diperlukan untuk bekerja shift panjang, insinyur pemeliharaan dapat membuat kesalahan berpotensi bencana.

Tulisan mengenai 5 penyebab kecelakaan pesawat yang sering terjadi ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Ini Lima Alasan Paling Umum Penyebab Pesawat Jatuh.

BACA SELANJUTNYA

Balon Cuaca China Ditembak Amerika Serikat, Tensi Memanas