Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Rabu, 31 Oktober 2018 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Luas atau dalamnya laut memang menyimpan banyak misteri. Biru yang luas dan dalam membuat laut terkadang begitu tenang namun menyimpan banyak tanya. Beberapa misteri bahkan tersimpan dan belum juga bisa dipecahkan.

Siap-siap terkejut dengan berbagai hal mengagumkan bahkan menyeramkan dari dalamnya laut.

Beberapa misteri laut ini bisa saja ada karena fenomena alam yang pernah terjadi, namun hingga kini misteri laut ini bahkan tidak bisa dijelaskan dan masih menjadi misteri.

Mungkin butuh waktu yang lama untuk bisa menyelesaikan dan memecahkan misteri dari laut ini.

Ingin tahu apa saja misteri laut yang masih belum bisa terpecahkan? Simak list di bawah ini ya.

1. Piring Terbang di Laut Baltik

Piring terbang. (youtube/Amplex)

Sekitar tahun 2011, sebuah objek berbentuk piring terbang ditemukan di dasar Laut Baltik.

Setelah akan diteliti, beberapa peralatan yang dikenakan para penyelam tiba-tiba berhenti bekerja saat mendekati jarak 200 meter dari objek tersebut.

Saat sebuah kapal berada tepat di atas objek ini, peralatan listrik seperti ponsel hingga kamera bahkan tidak bisa berfungsi.

Banyak yang berpendapat jika piring terbang ini milik alien hingga mengaitkannya dengan NAZI.

2. Jalan Setapak di Bimini

Jalan setapak Bimini. (Bahamas)

Jalan setapak yang ditemukan di bawah laut dekat pulau Bimini di Bahama ini sering kali disebut sebagai Bimini Road atau Bimini Wall.

Bimini road merupakan formasi batuan bawah laut dengan batu-batuan persegi panjang, poligon, kotak yang tidak beraturan seolah fenomena ini merupakan buatan manusia.

Karena belum dapat diteliti, banyak yang berpikir jika Bimini road adlaah bukti dari Atlantis yang hilang.

3. Kapal SS Baychimo

SS Baychimo. (Wikipedia/Aldus Books London)

Baychimo adalah sebuah kapal yang ditinggalkan oleh kru-nya pada 1 Oktober 1931 karena terperangkap dalam lautan es. Satu bulan setelahnya, yaitu pada tanggal 24 November 1931, sebuah badai besar melanda.

Anehnya saat badai tersebut reda, Baychimo sudah tidak terlihat. Sang kapten lalu berpikir jika kapalnya sudah tenggelam karena badai.

Namun, beberapa dekade usai kejadian tersebut, beberapa orang berkali-kali melihat Baychimo. Terakhir terlihat pada tahun 1969.

4. Julia

Ilustrasi laut. (pexels/Kellie Churchman)

Nama wanita ini diberikan untuk suara berdurasi 15 detik yang tercatat pada 1 Maret 1999 di Samudra Pasifik.

Hingga saat ini, sumber suara tersebut masih belum bisa diketahui. Namun, suara yang cukup keras ini terdengar oleh hampir seluruh awak kapal.

Dalam sebuah penelitian, banyak yang menduga jika sebuah hydrophone untuk mengambil suara gunung es Antartika tenggelam di dasar laut dan merekam suara tersebut.

5. Kaz II

Ilustrasi. (pexels/Oleksandr Pidvalnyi)

Sebuah yacht bernama Kaz II ditemukan di pesisir pantai Australia dengan mesin masih menyala. Anehnya, dalam kapal mewah ini tidak ditemukan penumpang satu pun.

Banyak yang berspekulasi bahwa penumpang yacht tersebut terlibat dalam penculikan, penipuan asuransi, hingga kecelakaan aneh.

6. Segitiga Bermuda

Ilustrasi laut. (pexels/Emiliano Arano)

Salah satu misteri yang paling populer di laut adalah Segitiga Bermuda. Sejumlah pesawat dan kapal sudah menghilang secara misterius di lokasi ini.

Hampir semua pilot dan kapten yang pernah melintasi daerah ini menemui banyak kejadian ganjil yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah.

Kompas yang tidak berjalan, kabut tebal yang datang secara misterius, adalah beberapa tanda sebelum kemudian mereka hilang secara misterius.

Beberapa teori berpendapat jika ada paranormal activity di lokasi tersebut, UFO, hingga human eror.

Nah, itu tadi deretan misteri di laut yang masih belum terpecahkan hingga kini. Di antara keenamnya, mana yang paling misterius untukmu?

BACA SELANJUTNYA

Gempa Jumat 14 April Guncang Wilayah Luas, BMKG: Bukan Gempa Tuban, Ini Gempa Laut Jawa