Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 04 November 2018 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Badan antariksa Amerika Serikat (NASA), sangat serius memperisapkan eksplorasi ke Planet Mars. Kini para ilmuwan ingin memanfaatkan tanah Planet Mars sebagai bahan bakar roket.

Akankah bisa, tanah Planet Mars bisa digunakan sebagai bahan bakar roket? Dilansir dari Suara.com, saat ini para ilmuwan sedang mengembangkan ini.

Kurt Leucht dari NASA dalam artikelnya di majalah keinsinyuran terkemuka, IEEE Spectrum, menjabarkan bahwa timnya sedang bekerja keras untuk membuat sebuah solusi yang bisa memanfaatkan tanah Planet Mars sebagai bahan bakar.

Tim yang dipimpin Leucht menyebut solusi itu "in situ resource utilization" atau ISRU.

Gagasan di balik solusi itu adalah ISRU akan menyerap air dari regolith - nama tanah di Planet Mars yang diyakini para ilmuwan mengandung air - dan menggunakan elektrolisis membelahnya menjadi hidrogen dan oksigen.

Ilustrasi penjelajahan Planet Mars. (NASA)

Hidrogen itu kemudian dikombinasikan dengan karbon dari atmosfer Planet Mars untuk memproduksi metana. Roket-roket masa depan diharapkan bisa dioperasikan dengan bahan bakar metana ini.

NASA berencana mengirim sistem ISRU ke Planet Mars, sebelum mengutus manusia ke Planet Merah tersebut. Jika berhasil mengubah tanah Planet Mars menjadi bahan bakar, para ilmuwan berharap tak kebingungan lagi soal bahan bakar roket untuk mengirim pulang astronot dari Mars ke Bumi.

"Teknologi ini satu hari nanti akan membuat manusia bisa hidup dan bekerja di Planet Mars, lalu pulang dan menceritakan pengalaman mereka di Bumi," tulis Leucht.

Tulisan mengenai tanah Planet Mars ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul NASA Akan Ubah Tanah Mars Jadi Bahan Bakar Roket.

BACA SELANJUTNYA

12 Orang yang Pernah Menginjakkan Kaki di Bulan, Tak Hanya Neil Armstrong