Selasa, 07 April 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 18 November 2018 | 15:00 WIB

Hitekno.com - Planet Mars menjadi salah satu target eksplorasi ke luar angkasa. Termasuk badan antariksa Amerika Serikat, NASA, yang menargetkan bisa kirim manusia ke Mars dalam 25 tahun mendatang.

Meskipun memiliki rintangan besar terkait teknologi, medis, dan masih banyak hal lainnya, NASA tetap berupaya untuk kirim manusia ke Mars.

Tak hanya itu, risiko yang harus dihadapi para astronot seperti radiasi mematikan dari kosmos, potensi kehilangan penglihatan, dan tulang yang berhenti berkembang merupakan salah satu tugas besar yang harus diatasi oleh para ilmuwan sebelum astronot masa depan dapat menginjakkan kaki di Mars.

Ilustrasi penjelajahan Mars. (NASA)

"Kita harus mulai mengerjakan teknologinya sekarang, sehingga dalam 25 tahun mendatang kita sudah memiliki teknologi yang membantu dan melindungi kita dari waktu transit yang panjang ini," ucap Tom Jones, mantan astronot NASA.

Memiliki jarak rata-rata 225 juta kilometer dengan teknologi roket saat ini, dibutuhkan lebih dari sembilan bulan untuk mencapai Mars. Ditambah dengan gravitasi hanya sepertiga dari Bumi, para ilmuwan belum tahu efek dari misi Mars tersebut.

Dilansir dari Suara.com, dalam kondisi saat ini perjalanan ke Mars akan memakan waktu sangat lama sehingga para astronot akan menerima jumlah radiasi yang lebih banyak, oleh karena itu Jones mengatakan untuk mengurasi waktu perjalanan ke Mars dengan sistem propulsi nuklir.

Desain rumah di Mars. (AI Space Factory/ Plompmozes)

Sementara itu, ahli aerospace telah mengidentifikasi beberapa teknologi yang perlu ditingkatkan, termasuk pesawat ruang angkasa yang bisa bertahan terhadap sinar kosmik.

Saat ini NASA telah mengirim robot ke Mars yang disebut InSight untuk memperluas pengetahuan manusia tentang kondisi interior di Mars.

Setelahnya, pada tahun 2020 NASA akan mengirimkan rover ke Mars yang bertujuan untuk menentukan kelayakhunian lingkungan Mars dan menilai sumber daya alam serta bahayanya untuk para penjelajah Mars di masa mendatang.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul NASA Targetkan Kirim Manusia ke Mars dalam 25 Tahun Mendatang.