Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 02 Desember 2018 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) resmi memulai pembangunan Observatorium yang diklaim terbesar di Asia Tenggara.

Dengan resminya dibangun Observatorium ini, menandai babak baru keantariksaan Indonesia. Pembangunan ini telah resmi dimulai oleh LAPAN setelah dilakukan peletakkan batu pertama.

Observatorium yang akan jadi terbesar di Asia Tenggara ini berlokasi berlokasi di lereng Gunung Timau, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan ketinggian 1.300 mdpl.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kawasan Observatorium Nasional Timau. (LAPAN)

Menurut informasi dari web LAPAN, acara peletakkan batu tersebut dipimpin langsung oleh Deputi Sains Antariksa dan Atmosfer LAPAN, Afif Budiyono, dan menjadi tanda dimulainya pembangunan fisik rumah teleskop optik 3,8 meter yang akan menjadi instrumen utama dari Kawasan Observatorium Nasional Timau tersebut.

Pemilihan lokasi sendiri dikarenakan daerah Gunung Timau merupakan area kering dengan persentase memiliki malam bercuaca cerah mencapai 70 persen. Hal tersebut menjadi faktor yang sangat penting untuk melakukan pengamatan dan riset astronomi.

Observatorium yang akan dibangun pada kawasan inti seluas 47 hektar dan kawasan penyangga seluas 330 hektar itu nantinya akan memiliki area khusus sendiri bagi para peneliti, area pengamatan publik secara terbatas, dan area untuk wisata edukasi.

Deputi Sains Antariksa dan Atmosfer LAPAN, Afif Budiyono meletakkan batu pertama pembangunan Obnas di Kupang. (LAPAN)

Tak hanya itu, observatorium ini juga akan dilengkapi dengan teleskop radio yang terdiri dari tiga teleskop berdiameter 50 centimeter untuk pengamatan multi panjang gelombang dan resolusi tinggi.

Jika proses pembangunan berjalan dengan lancar, diperkirakan Observatorium Nasional Timau ini akan selesai dalam dua tahun dari sekarang.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul LAPAN Resmi Mulai Bangun Observatorium Terbesar di Asia Tenggara.

BACA SELANJUTNYA

Beredar di Masyarakat, Lapan Tanggapi Edaran Larangan Keluar Rumah Pada 21 Desember 2022