Jum'at, 03 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 16 Desember 2018 | 09:00 WIB

Hitekno.com - Pesawat ruang angkasa SpaceShipTwo atau VSS Unity, milik Virgin Galactic telah berhasil melampaui luar angkasa. Pesawat wisata yang lepas landas dari California ini bakal mengirimkan wisatawan ke luar angkasa.

Penerbangan sub-orbital tersebut menjadi tonggak penting bagi perusahaan milik Richard Branson yang berusaha mengirim manusia ke luar angkasa dengan biaya 25 ribu dolar Amerika Serikat per seat.

''Hari ini untuk pertama kalinya dalam sejarah, sebuah pesawat antariksa yang dibangun khusus untuk mengangkut manusia dan mencapai luar angkasa. Ini adalah momen yang penting dan saya bangga dengan tim kami yang bersama-sama telah membuka babak baru eksplorasi ruang angkasa,'' ucap Branson, seperti yang dikutip dari Forbes.

SpaceShipTwo, yang disebut VSS Unity, milik Virgin Galactic. (Instagram/virgingalactic)

Definisi luar angkasa yang berlaku secara internasional adalah ketika pesawat telah berada pada ketinggian 62 mil dari Bumi, tetapi Angkatan Udara Amerika Serikat menetapkan batas dengan jarak yang lebih rendah, yaitu 50 mil.

Virgin Galactic mengatakan akan menggunakan definisi yang dikeluarkan oleh Angkatan Udara Amera Serikat.

Sebelumnya, Branson mengatakan akan mengirim manusia ke luar angkasa sebelum Natal dan kini dikabarkan ada 600 klien telah membayar untuk tiket perjalanan tersebut.

SpaceShipTwo, yang disebut VSS Unity, milik Virgin Galactic. (Instagram/virgingalactic)

Branson telah menjanjikan peluncuran pada tahun 2007 silam tetapi ia baru akan membuktikannya pada tahun ini dengan alasan bahwa ruang angkasa adalah ilmu yang sulit.

Kini dengan pencapaian yang dilakukan Virgin Galactic, kemungkinan Branson dapat menepati janjinya untuk membawa manusia ke luar angkasa dengan pesawat dari perusahaannya.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Pesawat Wisata Virgin Galactic Sukses Sentuh Luar Angkasa.

BACA SELANJUTNYA

Syarat Naik Kereta dan Pesawat Terbaru dengan Aplikasi SATUSEHAT