Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 30 Desember 2018 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kencan online kini menjadi tren badu baru dalam menemukan pasangan. Dengan banyaknya layanan hingga aplikasi kencan online pun bermunculan.

Cara menemukan pasangan ini memang tidaklah salah. Namun perlu disadari, ada efek samping yang didapatkan dari kencan online.

Menurut beberapa ahli, ternyata meman ada efek samping dali kencan online yang tak teduga selama ini.

Dilansir dari Business Insider, kencan online belum tentu merusak cinta jangka panjang. Sebab, ketika berada dalam hubungan yang bahagia, kita jadi cenderung tidak tertarik pada orang lain.

Namun menurut Eli Finkel, seorang psikolog di Universitas Northwestern dan penulis ''The All-or-nothing Marriage'', kencan online telah membuat pasangan lebih mudah meninggalkan hubungan yang tidak bahagia.

Ilustrasi kencan. (Pakutaso)

''Kamu bisa bermain-main, hanya untuk melakukan semacam kesalahan. Mengunduh aplikasi kencan, geser-geser dan oh, tiba-tiba kalian berkencan,'' ucap Eli Finkel merujuk pada cara kerja aplikasi kencan seperti Tinder dan OKCupid.

Beberapa tahun yang lalu, psikoterapis dan pakar hubungan David Kavanagh mengatakan sesuatu yang serupa kepada The Independent.

Menurut David Kavanagh, perselingkuhan bukanlah hal baru, tetapi aplikasi kencan telah mempermudah orang-orang yang tidak bahagia dalam hubungan mereka untuk menemukan cinta lain.

Dengan kata lain, alih-alih menggali dan mencoba memperbaiki hubungan, mereka membiarkan hati mereka mengembara tanpa kejelasan.

Sementara itu, para ahli hubungan lain juga telah mencatat bahwa kemajuan teknologi membuat 'urusan emosional' atau perasaan tertarik tanpa keintiman fisik jauh lebih menggoda.

Jadi bagaimana menurut kamu tentang efek samping kencan online ini? Positif atau negatif? (Dewiku.com/Yasinta Rahmawati)

BACA SELANJUTNYA

Ketemuan dengan User Aplikasi Dating, Penyuka Sesama Jenis Ini Malah Berakhir Jadi Santapan Kanibal