Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Rabu, 02 Januari 2019 | 22:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Luasnya lautan di Bumi memang menyimpan berbagai fenomena misterius. Salah satu yang cukup berbahaya adalah fenomena ombak berbentuk kotak.

Melihatnya mungkin sangat unik, namun fenomena menyeramkan yang ikut bersama dengan hal ini tentu patut kamu hindari.

Fenomena ombak berbentuk kotak ini terjadi di Isle of Rhe yang berada di Perancis. Daerah yang terkenal dengan pantainya yang indah dan unik, ombak di pantai ini sering kali berbentuk kotak-kotak.

Walaupun begitu, banyak turis yang sering berkunjung dan menghabiskan waktu untuk berada di pantai ini.

Ombak berbentuk kotak. (Twitter/Ghrebaa)

Ombak berbentuk kotak ini memiliki permukaan yang terlihat seperti papan catur. Seolah ombak ini dicetak oleh seseorang. Padahal, fenomena ini terjadi karena pengaruh aliran air dan tekanan udara di dalam laut.

Hal ini terjadi karena adanya perpotongan dua lautan. Apalagi perairan di sekitar Isle of Rhe ini terletak di dua persimpangan lautan yang sering disebut sebagai lautan silang.

Kotak-kotak yang terjadi ini karena dua arus air yang bertemu di bawah laut serta terjadinya pertemuan udara yang memiliki tekanan berbeda dan menghasilkan sistem gelombang yang muncul pada sudut yang berlawanan.

Ombak berbentuk kotak. (Twitter/Ghrebaa)

Gelombang ini yang akhirnya berbentuk kotak-kotak dan membuatnya terlihat cukup unik.

Sayangnya, walaupun berbentuk unik, ombak ini sangat berbahaya untuk manusia atau pun kapal. Setiap kapal yang melewati jalur ini akan otomatis mengalami kecelakaan karena arus yang sangat kuat.

Bagaimana, sudah cukup terpukau dengan ombak berbentuk kotak ini? Jangan terpukau dengan keunikannya ya, saat bertemu dengan fenomena ini, jangan lupa untuk langsung menghindar.

BACA SELANJUTNYA

Mengerikan, Ada Fenomena Misterius Hujan Laba-laba di Brasil