Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 13 Januari 2019 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Negara bagian Minas Gerasi, Brasil dihebohkan sebuah fenomena misterius yang mengerikan. Bagaimana tidak, kawasan tersebut, tiba-tiba saja terjadi hujan laba-laba.

Dari foto dan video yang beredar di media sosial menunjukkan ratusan bahkan ribuan laba-laba melayang di langit.

Joao Pedro Martinelli Fonseca, warga yang merekam salah satu video yang paling banyak disebar di media sosial, bercerita bahwa ia melihat hujan laba-laba.

Ketika itu ia sedang bepergian menggunakan mobil bersama keluarganya menuju perkebunan kakeknya di Espirito Santo do Dourado, sebuah kota yang berjarak sekitar 250 km timur laut Sao Paulo.

Kepada surat kabar lokal ia mengaku terkejut dan ketakutan melihat fenomena misterius hujan laba-laba ini, terutama ketika seekor laba-laba masuk ke dalam mobilnya lewat jendela yang terbuka.

Ilustrasi laba-laba. (unsplash/Andrew Rate)

''Lebih banyak sarang dan laba-laba yang kami lihat ketimbang yang ditayangkan dalam video. Kami sudah pernah menyaksikan ini sebelumnya, selalu terjadi pada sore hari ketika suhu udara sedang panas,'' kata Jercina Martinelli, nenek Fonseca, seperti dilansir The Guardian, Sabtu (12/1/2019).

Fenomena hujan laba-laba ini memang pernah terjadi di Brazil sebelumnya. Pada 2013 lalu media-media Brazil bahkan ramai memberitakan fenomena misterius ini di kota Santo Antonio da Platina.

Menurut para ilmuwan fenomena itu biasa terjadi di Brazil, terutama ketika suhu udara sedang hangat dan lembab.

Yang terjadi sebenarnya pun bukan hujan laba-laba, tetapi serangga-serangga itu membangun sarang raksasa di udara untuk menjebak mangsanya.

Adalberto dos Santos, pakar biologi yang khusus meneliti laba-laba di Universitas Federal Minas Gerais mengatakan bahwa laba-laba tersebut berasal dari spesies parawixia bistriata.

Ilustrasi laba-laba. (unsplash/Neenu Vimalkumar)

Laba-laba ini sangat sosial dan biasa membangun jaring raksasa bersama-sama untuk mencari mangsa.

Jaring yang dibangun spesies itu sangat tipis sehingga sukar dilihat oleh mata manusia. Alhasil banyak orang mengira sedang terjadi hujan laba-laba.

Laba-laba itu pada siang hari berdiam di dalam sarang yang berbentuk bola raksasa di antara pepohonan.

Memasuki petang, mereka mulai membangun jejaring raksasa di antara pepohonan. Setiap jaring bisa mencapai panjang 4 meter dengan ketebalan 3 meter.

Pada pagi hari mereka akan memakan mangsa-mangsa berupa serangga kecil hingga burung yang ditangkap pada malam hari. Setelahnya mereka kembali bersembunyi di antara pepohonan.

Dos Santos mengatakan manusia seharusnya tak khawatir melihat fenomena itu. Alasannya bisa laba-laba itu tak berbahaya bagi manusia. Apalagi laba-laba itu juga mengincar nyamuk serta lalat.

''Mereka lebih banyak menguntungkan kita ketimbang membawa mudarat,'' tutup Dos Santos. (Suara.com/Liberty Jemadu)

Tulisan fenomena misterius hujan laba-laba ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Mengerikan! Hujan Laba-laba Hebohkan Brasil.

BACA SELANJUTNYA

Salfok Lihat Wallpaper HP Neymar dan Richarlison di Foto Ini, Netizen: Bismillah Brasil Yok Bisa Yok!