Sabtu, 04 Mei 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Kamis, 24 Januari 2019 | 20:00 WIB

Hitekno.com - Tujuan akhir dari menjalin hubungan yang lama dengan seseorang tentu adalah pernikahan. Namun sebuah riset belum lama ini menyebutkan bahwa pernikahan mewah justru sangat berisiko pada perceraian lho.

Pernikahan sendiri merupakan momen sekali seumur hidup yang siapa saja pasti berharap dapat terjadi dengan sangat memorable. Wajar jika beberapa pasangan sepakat untuk menyelenggarakan acara pernikahan super mewah.

Di masyarakat, pernikahan memang dikaitkan dengan pesta yang meriah, mewah, dan dihadiri oleh kerabat terdekat.

Namun, menurut pakar ekonomi dari Emory University, pesta pernikahan yang terlalu mewah dan mengeluarkan biaya yang banyak, cenderung lebih banyak bercerai jika dibandingkan dengan pasangan yang menikah secara sederhana.

Ilustrasi menikah. (pixabay/Pexels)

Pasalnya, pasangan yang menikah secara sederhana biasanya sudah sangat saling terbuka dan cocok satu sama lain. Pernikahan sederhana dengan biaya cukup, rupanya mampu menghindarkan pasangan muda dari beban keuangan yang mampu membuat pertengkaran rumah tangga terjadi.

Yang penting dari hubungan pernikahan adalah awal perjalanan rumah tangga antara pasangan suami-istri. Jika hubungan tersebut dimulai dengan pertengkaran, maka akan berdampak buruk untuk perjalanan ke depannya.

Walaupun begitu, pada dasarnya pernikahan mewah saat ini seolah menjadi tren di seluruh dunia yang wajib banget untuk dilakukan.

Pasangan di Amerika misalnya, tidak segan-segan untuk mengeluarkan uang sebanyak 29.858 dolar AS atau setara dengan Rp 400 juta untuk pesta pernikahannya.

Bisnis wedding ini lalu menjadi solusi dari masalah ini. Yang paling diuntungkan lalu para wedding planner.

Ilustrasi pernikahan. (pixabay/ANURAG1112)

Para peneliti lalu lebih menyarankan agar pesta pernikahan yang digelar lebih sederhana saja dan dihadiri oleh orang-orang terdekat yang punya keterikatan batin dengan kamu dan pasangan.

Pernikahan mewah yang justru berisiko pada perceraian memang mengenai bagaimana masalah keuangan yang mungkin saja dialami oleh pasangan usai mengadakan pesta mewah.

Namun, keinginan untuk menikah secara mewah atau sederhana semua kembali pada masing-masing pasangan ya. Kalau itu tadi menurut riset dan para peneliti, kamu mau menikah secara mewah atau sederhana saja?

BACA SELANJUTNYA

Hasil Riset dan Data Pinhome, Diungkap Prediksi Tren Rumah 2023