Rabu, 17 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 27 Januari 2019 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kamu pastinya punya dong earphone, alat untuk mendengarkan musik ini wajib dibawa ke mana-mana. Tapi ketika ada teman yang mau meminjam earphone, sebaiknya jangan dikasih.

Pastinya kamu tahu di dalam telinga berisi banyak hal menjijikkan. Dari cairan lengket hingga bakteri jahat pun bisa ditemukan dalam telinga.

Menurut laporan dari BuzzFeed, merekomendasikan kamu untuk tidak meminjamkan earphone kepada orang lain. Hal ini dibuktikan dari beragam penelitian dan temuan.

Kelly Reynolds, Ph., dari profesor Environmental Health di Universitas Arizona mengungkapkan kalau lilin yang ada di telinga memang terlihat menjijikkan namun tidak berbahaya.

''Ini adalah produk sampingan dari telinga yang membersihkan diri dari kuman dan debu,'' kata Kelly Reynolds.

Ilustrasi earphone di iPhone. (Pixabay/6689062)

Dan setiap orang memang memiliki 'flora bakteri' di telinga mereka, yang berarti bakteri itu normal dan tidak menyebabkan infeksi dalam tubuh.

''Penelitian telah menunjukkan bahwa flora mikroba telinga biasanya terdiri dari pesudomonas, staphylococcus, dan strep,'' imbuhnya.

Walau terdengar jenis bakteri yang tidak berbahaya, namun jika jumlahnya berlebihan dan melewati ambang batas yang mampu dihadapi tubuh, atau bakteri baru masuk ke telinga, ini dapat menyebabkan infeksi telinga.

Masalah sebenarnya adalah di earphone tersebut. Seperti diketahui, lilin dari telinga kita sering masuk ke dalam earphone tersebut.

''Lilin yang melapisi atau menumpuk ke earphone kamu, itu dapat menjadi lapisan yang menjebak bakteri dan mencegahnya mengering sehingga bertahan hidup dan tumbuh,'' kata Kelly Reynolds.

Jadi bayangkan saja, semua hal yang tersentut oleh earphone tersebuh seharian dan berapa banyak kuman yang diambilnya sebelum menempel kembali ke telinga kamu.

''Studi telah menunjukkan bahwa earphone menyebabkan peningkatan 11 kali lipat bakteri di telinga,'' lanjutnya.

Ilustrasi earphone. (Pixabay/Skitterphoto)

Namun yang bikin lebih parah, ketika kamu pinjamkan earphone ke orang lain. Karena orang dapat membawa bakteri seperti staph dan strep tanpa masalah.

''Tetapi ketika kamu meminjamkan earphone, kamu menggandakan flora mikroba di telinga kamu dan memperkenalkan bakteri baru,'' lanjut Kelly Reynolds.

Dengan kata lain, orang yang meminjam earphone ke kamu membawa bakteri yang belum kamu kenal. Dan bakteri dari telinganya, bisa saja ikutan masuk ke telingamu.

Hal ini juga tetap berdampak pada saling tukar sesama anggota keluarga. Mungkin kamu sudah biasa terpapar bakteri dari mulut mereka, namun tidak dengan bakteri telinga.

Lebih buruhnya lagi, earphone secara fisik memerangkap panas dan kelembaban di telinga kamu, menjadikannya tempat sempurna untuk semua bakteri tumbuh.

Earphone juga berkontribusi pada pertumbuhan bakteri kamera memblokir bagian telinga yang biasanya terbua ke udara lepas.

''Ini memungkinkan kelembaban dan panas terperangkap yang membuat bakteri lebih mudah tumbuh sehingga telinga kamu lebih rentan terhadap infeksi jamur dan bakteri,'' lanjutnya.

Earphone. (pexels/Porapak Apichodilok)

Mengenakan earphone saat sedang panas dan berkeringat di gym juga tidak membantu, malah memperparah.

Kebersihan earphone yang buruk dapat meningkatkan risiko infeksi telinga, jamur telinga, jerawat atau bisul, dan banyak masalah mengerikan lainnya.

Menurut Kelly Reynolds, infeksi telinga tengah (otitis media) sangat umum terjadi pada anak muda. Dan earphone dapat meningkatkan risiko terjangkit infeksi ini.

Infeksi lain juga dapat disebabkan oleh penggunaan earphone yang kotor. Bisa juga karena earphone yang digunakan bersamaan.

Juga meningkatkan risiko penularan jamur kuping, tungau telinga, pustula, komedo, hingga jerawat telinga.

Namun kabar baiknya, telinga bukan jadi jalan masuk untuk penularan penyakit seperti flue, Norovirus, atau flu basianya.

Namun kabel earphone yang cukup dekat dengan wajah dan mulut tetap bisa jadi penyebarnya. Jadi harus hati-hati saat musim flu tiba.

Banyak hal buruk yang bisa terjadi dari pinjam meminjam earphone. Dan banyak bakteri hingga jamur yang bisa ditularkan dari telinga ke telinga lewat earphone.

Solusinya, kamu harus menjaga kebersihan dan higienitas earphone kamu. Bersihkan secara teratur dan simpan di tempat penyimpanan tersendiri.

Setelah mengetahui banyaknya bakteri hingga jamur yang ditularkan melalui earphone ini, masihkah kamu mau meminjamkan earphone dan masihkan kamu mau meminjam earphone dari orang lain?

BACA SELANJUTNYA

Pemanasan Global Picu Pelelehan Gletser, Bakteri Kuno Berbahaya Berpotensi Lepas ke Alam