Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Jum'at, 15 Februari 2019 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Siapa saja yang sedang dalam kondisi lapar pasti cenderung menjadi gampang marah. Kondisi ini sering dianggap wajar, pasalnya, tidak ada konsumsi makanan yang masuk ke tubuh. Kalau sudah begitu, kamu pasti menjadi sangat mudah marah. Menanggapi hal ini, rupanya para ahli punya penjelasannya.

Dalam sebuah wawancara dengan Time Magazine, Paul Currie selaku seorang psikolog dan neurosains dari Reed College, Amerika Serikat menyampaikan bahwa rasa lapar yang muncul mampu membuat seseorang menjadi sangat emosional.

Rasa lapar ternyata bisa menimbulkan kecemasan, stres, hingga gelisah pada siapa saja saat benar-benar tersiksa dengan perasaan ini.

Perasaan gampang marah saat lapar ini terjadi karena otak sedang sangat membutuhkan glukosa. Hal ini terkait dengan bagaimana makanan yang dikonsumsi bertugas menciptakan glukosa yang nantinya akan dialiri oleh darah ke seluruh tubuh.

Ilustrasi marah. (pixabay/Public Domain Pictures)

Glukosa sendiri merupakan makanan utama otak sehingga saat tidak ada makanan yang dikonsumsi, otak akan menganggap rasa lapar sebagai ancaman dan membuat siapa saja menjadi gampang marah.

Hal ini karena otak sangat bergantung pada makan untuk mendapatkan glukosa yang cukup.

Saat tidak mendapat asupan makanan yang cukup, organ tubuh akan mengambil sumber energi lain. Berbeda dari organ tubuh lainnya, otak biasanya akan mengirimkan sinyal untuk tubuhmu agar memberikan cukup glukosa saat sedang lapar.

Selain membuat marah, rasa lapar rupanya dapat membuat seseorang memiliki lebih banyak emosi negatif yang jika dibiarkan malah semakin menjadi.

Sudah membuat lebih emosi, rasa lapar juga akan melepaskan hormon stres atau adrenalin kortisol yang lebih banyak, hal ini lalu membuat emosimu menjadi sulit dikontrol.

Ilustrasi marah. (pixabay/Robin Higgins)

Agar mood tetap terjaga dan tidak mudah emosi saat lapar, kamu sebaiknya siapkan berbagai cemilan kaya nutrisi untuk memuaskan rasa lapar yang kamu rasakan.

Sesaat setelah merasa lapar, kamu harus langsung mengonsumsi cemilan tersebut ya.

Perlu kamu pahami, jangan mengonsumsi makanan cepat saji seperti burger dan kentang goreng. Pasalnya, makanan ini menyajikan dosis glukosa yang lebih banyak sehingga sangat cepat diproduksi oleh tubuh.

Sebaiknya, kamu menyediakan makanan seperti biji-bijian untuk meningkatkan semangatmu ya.

Nah, itu tadi kata ahli mengenai alasan kamu menjadi gampang marah saat sedang lapar. Jadi, jangan sampai kelaparan ya.

BACA SELANJUTNYA

Rela Menahan Lapar Demi Sang Ibu yang Sakit Kanker, Anak Ini Bikin Haru