Rabu, 21 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Rabu, 27 Februari 2019 | 12:00 WIB

Hitekno.com - Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) belum lama ini berhasil meluncurkan pesawat ruang angkasa Hayabusa-2 yang mendarat di asteroid Ryugu. Melalui akun Twitter resminya, para peneliti asal Jepang ini pamer foto permukaan asteroid Ryugu.

Pesawat luar angkasa Jepang ini sudah mengangkasa sekitar 200 juta mil dari Bumi dan bertugas untuk mengambil sampel debu dan tanah dari permukaan asteroid.

Melalui akun Twitter resminya @haya2e_jaxa, para peneliti dari program Hayabusa 2 ini memamerkan foto-foto dari dua robot luar angkasanya yang berhasil mengirimkan foto-foto dari asteroid Ryugu.

Ilustrasi Hayabusa 2 (Sumber: JAXA)

 

Setidaknya, ada enam cuitan dengan foto berbeda dari permukaan asteroid Ryugu yang dipamerkan. Selain foto, akun resmi ini juga membagikan video timelapse berdurasi 15 detik.

Dilansir dari Futurism, video timelapse ini disebut sebagai hadiah dari robot yang sudah merasakan daratan asteroid tersebut.

Video dalam mode portrait ini dibuat dengan maksud agar manusia dapat merasakan sensasi berdiri di atas tanah asteroid.

Selain pamer video timelapse tersebut, akun Twitter ini juga memberikan foto detail dari permukaan asteroid Ryugu.

Menurut informasi, untuk dapat mengambil foto dan video, robot ini harus berpindah tempat selama 15 menit. Hal ini karena minimnya gravitasi yang ada di Ryugu, loncatan robot lal butuh waktu yang cukup lama.

Hayabusa-2 merupakan penerus pesawat Hayabusa yang sudah berhasil mengembalikan sampel asteroid ke Bumi pada tahun 2010 lalu.

Penampakan asteroid Ryugu. (twitter/haya2e_jaxa)

 

Sampel tersebut nantinya akan dikirim kembali ke Bumi untuk dianalisis oleh para ilmuwan. Tujuannya untuk mengetahui susunan kimiawi batuan asteroid.

Program Jepang ini berharap agar Hayabusa-2 dapat membawa antara 10 hingga 100 miligram debu untuk dilakukan penelitian.

Pendaratan mulus yang dilakukan Hayabusa-2 ini membuat para ilmuwan yakin bahwa robot ini mampu membawa cukup sampel. Foto dan video timelapse hasil pendaratan Hayabusa-2 di asteroid Ryugu ini sudah cukup membuatmu seperti berada di sana nggak?

BACA SELANJUTNYA

Untuk Gamer, Kini Tersedia Masker RGB