Rabu, 20 November 2019
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 12 Maret 2019 | 06:45 WIB

Hitekno.com - North Atlantic right whale (Eubalaena glacialis) atau dikenal sebagai paus sikat Atlantik Utara merupakan hewan langka yang dilindungi. Sangat jarang terjadi, ilmuwan merekam beberapa ekor lumba-lumba terlihat ''ngobrol'' dengan hewan langka yang satu itu.

Video tersebut direkam melalui drone oleh para peneliti Amerika Serikat yang tergabung dalam NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration).

Paus sikat Atlantik Utara adalah salah satu spesies paus berukuran besar yang keberadaannya paling terancam punah di dunia.

Para peneliti memperkirakan bahwa hanya ada sekitar 400 ekor paus sikat Antlantik Utara yang tersisa di lautan.

Sebuah rekaman yang sangat langka berhasil menangkap paus sikat Antlantik Utara dan anak di depannya berinteraksi dengan beberapa ekor lumba-lumba.

Tidak jelas apa yang mereka bicarakan, namun kedua hewan yang berbeda spesies itu tampak sedang berinteraksi satu sama lain.

Paus sikat Atlantik Utara dengan anaknya. (Wikipedia/ NOAA)

Jika kamu melihat videonya, bersyukurlah, karena tidak semua orang dapat melihat atau bahkan merekam paus sikat Antlantik Utara.

Karena sebuah badan resmi kumpulan dari ilmuwan, NOAA mendapatkan lisensi untuk merekamnya dari jarak dekat.

Saking langkanya hewan ini, peraturan internasional mengatakan bahwa semua orang baik kapal, pesawat terbang maupun drone harus menjauh dari paus sikat Antlantik Utara sejauh 500 yard atau 450 meter.

Itu kira-kira jaraknya seperti lima kali jarak lapangan sepak bola. Paus ini sangatlah besar dan akan sangat berbahaya apabila manusia terlalu dekat dengan hewan yang satu ini.

Baik polisi federal maupun polisi lokal di daerah yang dilalui hewan ini akan bertindak tegas apabila terdapat orang yang mendekati paus sikat Antlantik Utara.

Mereka dilindungi oleh U.S. Endangered Species Act dan Marine Mammal Protection Act serta Canada's Species at Risk Act.

Paus sikat Atlantik Utara usia dewasa dapat mencapai ukuran rata-rata 13 hingga 16 meter.

Beratnya bahkan dapat mencapai 40 hingga 70 ribu kilogram. Ukuran terbesar paus sikat Atlantik Utara yang pernah ditemukan oleh ilmuwan memiliki panjang 18,5 meter dengan berat 106 ribu kilogram.

Pemandangan yang langka antara paus sikat Atlantik Utara dan lumba-lumba sangat menarik untuk diamati, bagaimana menurut pendapat kamu tentang paus ini?