Rabu, 01 Mei 2024
Vika Widiastuti | Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 30 Maret 2019 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ilmuwan terkejut karena di alam sana terdapat hewan dengan kemampuan yang tidak disangka sebelumnya. Setelah diteliti di dalam laboratorium, seekor kodok labu (pumpkin toadlet) ternyata dapat menyala dalam gelap.

Kodok (toad) dikenal sebagai hewan yang penuh dengan bintik-bintik dan mempunyai kaki pendek sehingga mereka tidak bisa melompat tinggi seperti katak (frog).

Beberapa kodok seperti kodok labu, memiliki kemampuan khusus dalam menghadapi predatornya.

Sebuah penelitian yang telah diterbitkan di jurnal Scientific Reports berhasil mengungkapkan sebuah metode unik dari kodok labu dalam berkomunikasi dan menakuti predatornya.

Sandra Goutte, seorang ahli biologi dari New York University sekaligus pemimpin penelitian menjelaskan bahwa cahaya dalam kodok tersebut hanya bisa dilihat menggunakan sinar UV (Ultraviolet).

Kodok labu dalam lingkungan aslinya. (New York University/ Sandra Goutte)

Spesies yang dikenal sebagai Brachycephalus ephippium, berfluoresensi dengan pola yang tidak biasa ketika diletakkan di bawah sinar UV..

Kodok labu yang berasal dari Brasil ini dapat mengeluarkan cahaya ketika dilihat oleh hewan lain dalam gelap.

Manusia tidak dapat melihat kodok labu menyala karena penglihatan manusia terbatas ketika melihat frekuensi warna sinar UV.

Hanya hewan tertentu yang dapat melihat frekuensi sinar UV yang dapat melihat kodok labu menyala.

''Pola-pola fluorescent hanya dapat dilihat oleh mata manusia di bawah lampu UV. Di alam, jika mereka terlihat oleh hewan lain, mereka dapat digunakan sebagai sinyal komunikasi intra-spesifik atau sebagai penguat dari pewarnaan aposematic mereka. Itu bisa memperingatkan calon pemangsa mereka mengenai betapa beracunnya tubuh sang kodok,'' kata Sandra Goutte.

Sebelah kiri mengungkapkan kodok labu di bawah sinar matahari biasa, sedangkan sebelah kanan menunjukkan kodok labu dengan sinar UV. (Jurnal Scientific Reports)

Kodok labu termasuk diurnal, artinya mereka akan aktif ketika siang hari. Itu memungkinkan fluoresensi mereka dapat dideteksi oleh spesies tertentu di bawah sinar matahari alami.

Dikutip dari IFLScience, fluoresensi spesies itu berasal dari tulang mereka, bukan kulit kodok tersebut.

Ilmuwan menemukan bahwa kodok labu kehilangan pendengaran frekuensi tinggi mereka. Itu memungkinkan kemampuan fluoresensi yang meningkat untuk membantu mereka berkomunikasi serta menakuti predator.

Penemuan mengenai kodok labu yang dapat menyala dalam gelap ini membuktikan bahwa hewan mempunyai kemampuan tinggi lainnya ketika kemampuan satunya turun.

BACA SELANJUTNYA

Dikenal Santuy, Capybara Ternyata Punya Banyak Musuh Alami: Ini Sederet Fakta Uniknya