Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 10 April 2019 | 19:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seorang dokter di Taiwan kaget setelah memeriksa pasien wanita dengan mata yang bengkak. Bagaimana tidak, ia menemukan 4 lebah sedang bersembunyi di mata pasien tersebut.

Wanita berusia 29 tahun yang dikenal sebagai He, pergi ke Fooyin University Hospital di Taiwan. Ia mengeluhkan bahwa matanya terasa sangat sakit.

Dokter sangat kaget ketika ia memeriksa dan menemukan 4 lebah yang berada di saluran air mata pasien wanita tersebut.

Sweat bees atau dikenal sebagai lebah keringat (Halictidae) merupakan hewan yang sangat kecil namun tidak agresif.

Dalam pemeriksaannya, lebah itu terlihat makan di saluran air mata pasien sehingga wanita itu mengalami pembengkakan kelopak mata.

Laporan dari Apple Daily Taiwan dan CTS, rumah sakit segera mengadakan konferensi pers setelah melihat kondisi yang sangat langka itu.

Salah satu Halticidae atau Lebah Keringat. (Wikipedia/ ZooKeys)

Dr Hung Chi-ting mengatakan pada konferensi pers bahwa sarang lebah ada di dekat kuburan dan di pohon-pohon tumbang.

Sehingga kemungkinan pasien menemukan lebah itu saat berada di makam.

''Saya mengunjungi dan merapikan makam kerabat dan keluarga saya. Saya berjongkok dan mencabuti rumpul liar sebelum saya merasakan rasa sakit yang hebat di mata saya,'' kata He dalam keterangannya di konferensi pers.

Dia mengira bahwa ada pasir atau kotoran yang telah masuk ke matanya. Sesaat kemudian ia membersihkan matanya dengan air agar sakit menghilang.

Namun ia mulai mengalami rasa sakit yang menyengat dan merasa ada yang merobek matanya.

Salah satu Halticidae atau Lebah Keringat. (Wikipedia/ ZooKeys)

Selama konferensi pers, Dr Hung menjelaskan bahwa itu merupakan kondisi yang langka ketika lebah masuk ke mata seseorang.

''Saya melihat sesuatu yang tampak seperti kaki serangga, jadi saya menariknya keluar di bawah pantauan mikroskop secara perlahan. Kami menarik lebah satu per satu secara perlahan tanpa merusak tubuh sang lebah,'' kata Dr Hung dalam siaran pers.

Dikutip dari Insider, peneliti menjelaskan bahwa lebah keringat tidak menyerang manusia. Namun seperti namanya, ia hanya tertarik pada keringat manusia.

Mereka sering mendarat pada kulit manusia untuk mendapatkan uap air dan garam dari keringat manusia.

Kemungkinan wanita itu membersihkan rumput dan terlalu dekat dengan sarang lebah keringat, sehingga lebah tak sengaja masuk ke dalam mata wanita tersebut.

Beruntung, pasien tidak menggosok matanya secara berlebihan karena bisa memperburuk kornea matanya sehingga dapat meradang dan menjadi parah.

Meski kondisi sangat langka, wanita yang dimasuki lebah keringat di matanya kini sudah sehat kembali.

BACA SELANJUTNYA

Duh Anjing Ini Bisa-bisanya Kecanduan Alkohol, Dokter Hewan pun Sampai Turun Tangan