Minggu, 25 Oktober 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 02 Mei 2019 | 07:00 WIB

Hitekno.com - Hiu putih besar (great white shark) terkenal sebagai predator di puncak rantai makanan lautan. Namun siapa sangka, hiu seberat 4.500 pon atau 2045 kilogram ini justru berhasil ''dikalahkan'' oleh penyu raksasa.

Sayangnya, penyu raksasa itu juga mati, jadi mungkin kedudukannya menjadi seri.

Sebenarnya, hiu putih besar hanya takut terhadap satu hewan predator lainnya yaitu paus pembunuh. Namun itu hanya terjadi di beberapa wilayah lautan saja, sehingga hiu putih besar menjadi raja di mayoritas wilayah laut.

Berdasarkan penelitian, hiu putih besar dapat hidup hingga 70 tahun lamanya.

Akun Facebook yang bernama Greg Vella membagikan sebuah unggahannya di grup Facebook Commercial Salmon, Albacore & Crab Fishers.

Ilustrasi hiu putih besar ketika hidup. (WIkipedia/ Terry Goss)

 

Unggahan tersebut berhasil viral di Facebook setelah mendapatkan lebih dari 7.700 Like dan telah dibagikan lebih dari 9 ribu kali.

Bagaimana tidak viral, unggahan tersebut menampakkan seekor hiu raksasa yang mati karena memakan penyu raksasa juga.

Saking besarnya penyu, hewan itu bahkan memenuhi seluruh rahang hiu putih besar tersebut.

Sebenarnya, kematian hiu itu masih belum diteliti oleh ilmuwan. Namun sebagian besar nelayan menilai hewan yang sedang sial itu mati karena mencoba menelan penyu raksasa.

Penampakan hiu dengan penyu besar di mulutnya. (Facebook/ Greg Vella)

 

Pengunggah gambar yang bernama Greg Vella itu mengaku bahwa ia menemukannya tewas terbelit jaring saat memancing di lepas pantai Jepang (dekat dengan sisi Samudra Pasifik).

Awalnya, ia sempat menilai para kapten kapal bercanda saat mereka melihat hiu putih besar berputar-putar di lautan dengan membawa penyu raksasa di mulut sehari sebelumnya.

''Ketika aku mendengar obrolan di radio bahwa ada hiu putih besar berenang di sekitar laut dengan penyu raksasa di mulutnya, aku pikir mereka sedang bercanda. Kemudian hari berikutnya, aku menemukannya telah tewas. Jadi aku pikir, aku harus memercayai lelucon sebelumnya,'' kata Vella dikutip dari Sun Sentinel.

Unggahan hiu putih besar yang viral. (Facebook/ Greg Vella)

 

Beberapa netizen juga menilai bahwa itu adalah sebuah lelucon yang mungkin menjadi nasib buruk hewan penguasa laut tersebut.

''Aku yakin, setelah tahu ini, hiu putih besar tidak akan pernah memakan penyu,'' kata Bruce MacKimmie.

''Kasihan, ia menelan apa yang tidak bisa ia kunyah,'' balas Clint Beasley.

Hiu putih besar ini mungkin ''mabuk laut'' sehingga mengira penyu raksasa itu adalah ubur-ubur, bukankah kita juga sering mabuk laut?

BACA SELANJUTNYA

Dijuluki "Titan", Ikan Ini Bisa Berburu Kepiting hingga ke "Darat"