Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 13 Mei 2019 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pendiri dan bos Amazon, Jeff Bezos telah mengumumkan konsep pesawat luar angkasa Blue Moon yang akan membawa manusia mendarat di Bulan.

Blue Moon yang ada di bawah naungan perusahaan Blue Origin ini direncanakan akan mulai beroperasi pada 2024 untuk membawa manusia mendarat di Bulan.

Menurut laporan Mashable yang dikutip pada Minggu (12/5/2019), Blue Moon bisa mendaratkan beberapa muatan yang besar di permukaan Bulan, termasuk muatan infrastruktur yang bisa digunakan untuk membuat stasiun luar angkasa di Bulan.

Jeff Bezos mengklaim bahwa wahana luar angkasa besutannya bisa berlabuh di sisi manapun di Bulan dan memiliki kekuatan yang cukup untuk melakukan misi jangka panjang.

Selain itu, Blue Origin juga tengah mengembangkan wahana baru yang ukurannya lebih besar dari Blue Moon, agar perusahaan bisa mengirim manusia ke Bulan sekaligus membawa mereka kembali pada tahun 2024.

Blue Moon, konsep pesawat antariksa Blue Origin yang rencananya akan dikirim ke Bulan pada 2024. Konsep ini dipamerkan Jeff Bezos, pemilik Blue Origin yang juga pendiri Amazon, di Amerika Serikat, Kamis (9/5/2019). [Blue Origin]

Menurut Jeff Bezos, tahun 2024 dipilih karena bertepatan dengan himbauan pemerintah AS untuk membawa astronot ke bulan.

Untuk tahap awal Blue Moon akan mengangkasa dalam misi tanpa awak, sebelum akhirnya benar-benar mengirim manusia ke Bulan.

Selain Blue Origin, perusahaan antariksa buatan Elon Musk, SpaceX, juga berencana untuk membawa manusia ke Bulan dan Mars, namun tanpa melakukan pendaratan.

Roket SpaceX Falcon 9. (SpaceX)

Menanggapi rencana Bezos, Elon Musk mengapresiasi langkah tersebut via akun twitter miliknya dengan menyebut "kompetisi itu baik".

Selain Blue Origin dan SpaceX, Lockheed Martin menjadi perusahaan swasta ketiga yang berencana untuk melakukan pendaratan di Bulan.

Kita tunggu saja, perusahaan swasta mana yang pertama mendarat di Bulan. Apakah Blue Moon milik bos Amazon ini atau para pesaingnya? (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Apa Itu Gerhana Bulan Penumbra, Kapan Terjadi Tahun 2023 Ini?